Peristiwa

Sambangi Kota Pahlawan, Bank Jateng Friendship Run Bawa Suasana Magelang Ke Surabaya

35
×

Sambangi Kota Pahlawan, Bank Jateng Friendship Run Bawa Suasana Magelang Ke Surabaya

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) ~ Sekitar 1.000 peserta mengikuti Bank Jateng Friendship Run Surabaya yang merupakan merupakan rangkaian acara untuk menyambut lomba lari Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng yang bakal dilaksanakan pada 19 November 2023 di Kabupaten Magelang, Jateng.

Komite Borobudur Marathon 2023 Powered By Bank Jateng, Vice GM Event Kompas Budhi Sarwiadi mengatakan Surabaya menjadi lokasi kelima penyelenggaraan Bank Jateng Friendship Run, sebelumnya, Bank Jateng Friendship Run telah hadir di Jakarta, Bandung, Semarang, dan Yogyakarta. Setelah Surabaya, event ini akan hadir pula berikutnya di Denpasar, Makassar, Banjarmasin, Medan, dan Palembang.

“Tujuannya adalah msyarakat yang belum berkesempatan ambi bagian dalam Borobudur Marathon 2023dapat merasakan atau melihat apa saja yang ada dalam kegiatan tersebut. Seperti para pelari bisa menikmati sajian kuliner asal Magelang yang sudah dikurasi, yakni Nasi Telang ‘KWT Lestari’, Nasi Goreng Magelangan ‘Handayani’, D’noel Mangut Beong, dan Dawet Ireng Ketan Hijau ‘Nak Robil’,” katanya.

Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, saat melepas lomba lari dalam event Bank Jateng Friendship Run yang mengambil start dan Finis di Alun Alun Kota Surabaya mengatakan, event ini cukup baik untuk ikut serta mengetahui perkembangan kota-kota lainnya. Meskipun penyelenggaranya adalah Bank Jateng, namun adanya event di Kota Surabaya dapat mengetahui kemajuan dan kebersihan serta keindahan kota pahlawan ini.

Apalagi pesertanya banyak diluar Surabaya. Lari persahabatan ini juga diharapkan dapat membangkitkan ekonomi masyarakat, karena ribuan peserta yang hadir tentunya berdampak positif pada perekonomian Ibukota Jawa Timur ini. “Saya ucapkan terimakasih pada Bank Jateng yang telah memilih kota ini sebagai lokasi. Semoga lari persahabatan ini mampu meningkatkan kerjasama antar kota-kota lainnya,” terangnya.

Bank Jateng Friendship Run Surabaya merupakan kegiatan lari bersama sejauh 5 kilometer yang diikuti sekitar 1.000 peserta. Titik start dan finish dari Alun-alun Surabaya, Jl Gubernur Suryo No 15, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Surabaya. Peserta lari akan melewati sejumlah ruas jalan utama Kota Pahlawan, antara lain

Para peserta Bank Jateng Friendship Run mendapat jersey unik yang dibuat melalui kolaborasi dengan seniman lokal Magelang. Para peserta juga diberi kesempatan untuk memakai kostum unik saat berlari, dan sebanyak 6 kostum terbaik mendapatkan hadiah.

Sejak awal, acara ini dirancang untuk membangkitkan semangat wisata olahraga atau sport tourism. Hal ini diungkapkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat peluncuran Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng.

“Sekarang, saatnya kita bersatu untuk juga mengulurkan tangan ke kanan-kiri, bersama-sama saling berlari dan terus menginspirasi untuk menang. Oleh karena itu, ‘Voice of Unity’ menggambarkan bagaimana pelari, stakeholder, dan masyarakat bersatu untuk menyuarakan semangat kemenangan, dan saling menginspirasi dengan suara-suara positif dalam satu kesatuan di Borobudur Marathon,” ujarnya.

Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno mengatakan Bank Jateng dengan 10 ribu pelari membawa dampak perekonomian lebih besar pascapandemi. Program Bank Jateng Pawone akan mengajak pelaku UMKM untuk mengoptimalisasikan produk serta mengedukasi pelaku UMKM untuk melakukan literasi keuangan sehingga pengembangan potensi ekonomi dapat terjadi dan berjalan secara optimal.

Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo menjelaskan, pada 2023, Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng akan dilaksanakan satu hari dengan beberapa kategori, yaitu marathon, half marathon, dan 10K kepada pihak umum nasional dan internasional.

Selain Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Bank Jateng Friendship Run Surabaya juga dihadiri Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chi An, Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno, Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo. (q cok, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *