Sambangi Surabaya, GIIAS 2022 Boyong Banyak Kendaraan Listrik

SURABAYA (Suarapubliknews) – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 bakal menyambangi Surabaya pertengahan September mendatang di di Grand City Convex, setelah sukses menggelar ajang pamer teknologi otomotif di ICE BSD City, Tangerang Agustus lalu.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi pada press conference GIIAS The Series di Hotel Grand Dafam Signature Surabaya mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus memberikan informasi dan edukasi tentang perkembangan industri otomotif Indonesia kepada masyarakat melalui rangkaian GIIAS The Series.

“Penting bagi Gaikindo untuk memberikan informasi dan edukasi yang tepat kepada seluruh masyarakat mengenai teknologi otomotif masa depan, terutama tentang kendaraan listrik. Khususnya di Jawa Timur yang merupakan salah satu kekuatan industri otomotif nasional, akan menjadi faktor kuat yang akan dapat mempercepat tercapainya ekosistem industri kendaraan listrik di Indonesia,” ungkapnya.

Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya selama ini memiliki potensi pasar yang cukup besar bagi industri otomotif dan selalu memberikan kontribusi signifikan. Tak heran, tahun ini GIIAS Surabaya juga akan menampilkan lebih banyak teknologi dan produk terbaru, termasuk diantaranya adalah kendaraan listrik, yang juga menjadi magnet pada gelaran GIIAS lalu.

Kehadiran berbagai inovasi teknologi otomotif, termasuk teknologi kendaraan bermotor listrik, yang diboyong ke GIIAS Surabaya 2022, akan menunjukkan gerak pertumbuhan industri otomotif nasional.

Menurut Nangoi, penyelenggaraan GIIAS di Surabaya juga menjadi salah satu perhatian pemerintah, untuk terus mendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia. Hal itu juga dibuktikan dengan selalu hadirnya dua kementerian negara terkait, yakni Kementerian Perindustrian dan juga Kementerian Perhubungan RI, pada pameran GIIAS Surabaya dari tahun ke tahun.

Ditambahkannya, seiring dengan upaya pemerintah untuk mengurangi penggunaan energi fosil, industri otomotif nasional juga mulai menggenjot produk kendaraan listrik hingga hybrid. Dan Indonesia memiliki potensi sumber daya alam yang besar yang mendukung itu.

“Lewat penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2022, Gaikindo ingin menunjukkan bahwa pencapaian dan potensi industri otomotif di Jawa Timur juga sangat menjanjikan, sebuah capaian yang tidak lepas dari dukungan pemerintah,” lanjutnya.

Dikatakannya, industri otomotif merupakan lokomotif bagi industri pendukung, seperti industri komponen, multifinance, asuransi, after sales service, dan sebagainya. Industri otomotif, juga digadang-gadang menjadi pahlawan devisa.

“Kami pun berupaya untuk menekan impor utuh kendaraan bermotor, dan menggenjot ekspor. Industri otomotif kita sudah mengekspor ke 80 negara dan akan terus kita tambah negara tujuan dan model kendaraannya,” tambahnya.

Berdasar data Gaikindo, selama periode Januari-Juli 2022 volume total ekspor mobil utuh (completely built up/CBU) dari Indonesia sudah mencapai 480.310 unit. Capaian tersebut naik 189,16% (yoy) dibanding ekspor periode yang sama tahun lalu yang sebesar 166.100 unit.

Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo, Rizwan Alamsjah menyatakan bahwa antusiasme peserta untuk memperkenalkan berbagai produk kendaraan terbaru dan kendaraan listrik terus berlanjut pada penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2022.

“Lebih dari 20 kendaraan termasuk kendaraan listrik yang baru saja diluncurkan pada GIIAS 2022 di Tangerang, akan hadir di GIIAS Surabaya. Masyarakat dapat merasakan langsung teknologi kendaraan terbaru tersebut diarea test drive selama pameran. Kami harap antusiasme dan keingintahuan masyarakat dapat dipenuhi pada penyelenggaraan GIIAS Surabaya tahun ini,” ungkapnya.

Dijelaskannya, selama gelaran GIIAS lalu berhasil meraup penjualan sekitar 26.000 unit kendaraan dengan nilai Rp 11,6 triliun dengan jumlah pengunjunh mencapai 385.000 pengunjung. “Dari transaksi 26 ribu unit tersebut, sekitar 1.200 unit adalah mobil listrik, dan 300 unit lebih kendaraan hybrid. Ini membuktikan bahwa tren pasar ke arah sana,” terangnya.

Pada GIIAS lalu terdapat 12 model mobil listrik yang dihadirkan dari berbagai merek. Dan ada sebanyak 10 ribu pengunjung yang melakukan test drive. Dari model yang ada, Wuling Air ev yang paling banyak diminati.

Pada GIIAS Surabaya 2022, ada 13 merek ternama industri otomotif, yakni Audi, Daihatsu, Honda, Hyundai, Kia, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling, serta industri pendukung otomotif seperti merek sepeda motor, yakni Honda Motor, Benelli dan keeway dengan membawa berbagai kendaraan dan teknologi terbaru.

Para peserta akan memperkenalkan berbagai teknologi dan produk terbarunya khusus untuk masyarakat Jawa Timur. Tercatat lebih dari 20 kendaraan termasuk juga kendaraan bermotor berbasis listrik yang baru saja diluncurkan pada GIIAS 2022 di ICE-BSD Tangerang lalu, akan dipamerkan sepanjang GIIAS Surabaya 2022.

Astra Financial kembali menjadi platinum sponsor GIIAS Surabaya 2022 bersama 9 dari 14 unit bisnisnya, yakni FIFGROUP, Astra Credit Company, Toyota Astra Financial, Asuransi Astra, Astra Life, Astra Pay, dan MauCash, Moxa, dan SEVA. (Q cox, tama dini)

Reply