NasionalPemerintahan

Sekda Ambo Sakka Lepas Pemagangan Program YESS Kabupaten Tanbu

58
×

Sekda Ambo Sakka Lepas Pemagangan Program YESS Kabupaten Tanbu

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kab.Tanbu, Ambo Sakka melepas 23 peserta pemagangan program YESS di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu). Acara pelepasan berangsung di Halaman Kantor Bupati Tanbu saat Upacara Gabungan SKPD Lingkup Pemkab Tanbu.Senin (24/7/2023).

Sekda Tanbu Ambo Sakka memberikan ucapan selamat kepada peserta pemagangan program Youth Entrepreneur and Employment Support Services (YESS).

“Manfaatkan program pemagangan ini dengan sebaik-baiknya untuk bekal berwirausaha nantinya,” ujar Sekda Tanbu.

Project Manajer PPIU Program YESS Kalsel, Angga Tri Aditia Permana mengatakan pemagangan program YESS di Tanbu ini bekerjasama dengan SKPD terkait lingkup Pemkab Tanbu.

Seperti Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Bappedalitbang, serta Dinas Nakertrans untuk memfasilitasi penerima manfaat program YESS untuk melakukan magang.

Setelah di magangkan tersebut, harapannya mereka dapat di rektut oleh dunia usaha maupun dunia industri.

Untuk program pemagangan ini, sebut Angga,pihaknya bekerjasama dengan PT Buana Karya Bakti (BKB), PT Simbiosis Karya Agro Industri (PT Siska), dan Koperasi Warga Sejahtera.

Untuk memfasilitasi para pemuda Young Farmer yang ingin memiliki skill di bidang pertanian kemudian bekerja pada bidangnya masing-masing.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Tanbu, Hairuddin menambahkan ada sebanyak 23 peserta pemagangan program YESS di Tanbu dengan usia 17 – 39 tahun.

Ia menambahkan Tanbu sangat beruntung dengan adanya pemagangan program YESS tersebut, karena di Kalsel hanya ada tiga Kabupaten saja terpilih.

“yaitu Tanah Bumbu, Tanah Laut, dan Kabupaten Banjar,” ujarnya.

Program ini merupakan tahun ketiga yang di laksanakan di Tanbu oleh Kementerian Pertanian melalui Program YESS.

Dikatakannya, ada tiga kategori dari sasaran program pemagangan ini, pertama sektor peternakan, perkebunan, dan holtikultura.

Adapun Program YESS ini tercetus dari Kementerian Pertanian karena khawatir terjadinya degenerasi di sektor pertanian.

Sebelum di lepas ke tempat magang, peserta terlebih dahulu mendapatkan pembekalan dari SKPD Pemkab Tanbu seperti Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, serta Bappedalitbang.

Kemudian arahan dari PPIU Klasel terkait kebijakan pemagangan program YESS Tahun 2023.

Selanjutnya, arahan Disnakertrans Tanbu terkait pemagangan dan ketenagakerjaan, serta dari BPJS Ketenagakerjaan berkaitan dengan Asuransi Ketenagakerjaan. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *