Sekda Tanbu: Penjagaan Masuknya Covid-19 Melalui Perbatasan Harus Ektra

BATULICIN (Suarapubliknews) – Ada Empat titik tabal batas yang menjadi pantauan prioritas dari pihak Gugus pengendalian dalam mencegah masuknya Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Tanah Bumbu.

Selain batas wilayah, tak terkecuali pelabuhan dan bandara turut jadi sasaran aksi pencegahan masuknya virus yang menghebohkan dunia ini

Dalam aksinya, rombongan dari lintas SKPD Pemkab Tanbu maupun Muspika setempat bergerak menuju Posko 2 Desa Emil Baru Kecamatan Mantewe. Setelah itu berlanjut pada Posko 3 perbatasan Desa Batu Ampar Kabupaten Tanbu dan Kecamatan Serongga Kabupaten Kotabaru.

Pemantauan dipimpin langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (Sekdakab Tanbu) H. Rooswandi Salem, Kamis (26/03/2020).

Sekda selaku Ketua Gugus Tugas Pencegahan Pengendalian dan Penanganan Covid-19 memantau kesiapan pos yang ada diperbatasan Kabupaten Tanah Bumbu dengan Kabupaten Banjar. Maupun Kotabaru.

Menurut Sekda, penekanan pencegahan harus dipokuskan di wilayah perbatasan yang tentunya memiliki potensi keluar masuknya orang dari wilayah Kabupaten sebelah dan sekitarnya.

“Wilayah perbatasan harus kita lakukan secara extra kerena dibatas ini kita berkesempatan menjaga pengendara yang membawa virus dari luar, dan kita disinilah kita harus waspada kerena yang dijaga tidak kelihatan,”papar Rooswandi saat melakukan brefing pada tim gabungan.

Dia berharap, dalam kondisi ini yang harus diutamakan adalah keselamatan dan kesehatan para petugas kesehatan sebelum melakukan aksi pencegahan.

“Utamakan standar operasional prosedur dalam menjalankan tugas, jangan sampai kita yang bertugas mengawasi justru tim lebih dulu menderita,” pungkasnya.

Sementara itu, pencegahan dilanjutkan dengan melakukan pengawasan kepada penumpang kapal Pelni yang bersandar dari Surabaya untuk dilakukan penyemprotan disinfektan. (q cox, Imran)

Reply