BisnisNasional

Shopee Ajak Pengguna Berpuasa Sehat Agar Tetap Produktif

23
×

Shopee Ajak Pengguna Berpuasa Sehat Agar Tetap Produktif

Sebarkan artikel ini

JAKARTA (Suarapubliknews) – Memiliki tubuh yang sehat adalah dambaan semua orang. Apalagi sejak pandemi melanda, semakin banyak orang mulai menyadari bahwa menjaga dan memperhatikan kesehatan merupakan hal yang sangat penting.

Berbagai cara dilakukan untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti memenuhi kebutuhan air dalam tubuh, beristirahat dengan cukup, hingga mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi. Namun hal ini menjadi sebuah tantangan dikarenakan adanya pergeseran kebiasaan dan rutinitas harian, khususnya pada pola makan dan minum yang berubah saat memasuki bulan Ramadan.

Clinical Nutrition Specialist dr. Putri Sakti, M. Gizi, Sp.GK, AIFO-K dalam BincangShopee 4.4 Sambut Ramadan Sale yang bertajuk “Berpuasa Sehat Agar Tetap Produktif” mengatakan menjaga kesehatan di bulan Ramadan itu tidak jauh berbeda dengan menjaga kesehatan di bulan lainnya.

“Dimana, yang membedakan hanyalah waktu saat kita makan. Penting untuk kita perhatikan agar tetap sehat selama bulan puasa dengan tidak melewatkan waktu makan saat sahur, tidak mengonsumsi makanan berlebih saat berbuka, dan tetap berolahraga serta tidur yang cukup,” katanya.

Dengan keterbatasan waktu mengonsumsi makan dan minum, perlu lebih cerdik dalam memenuhi kebutuhan air harian. Salah satu cara yang direkomendasikan oleh dr. Putri Sakti, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K adalah menerapkan pola 2-4-2. Yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat makan malam dan 2 gelas lagi saat sahur.

Chef Norman Ismail, mengatakan food combining merupakan hal yang perlu diperhatikan agar makanan yang kita konsumsi itu tidak membahayakan tubuh, meskipun jenis makanannya mungkin termasuk dalam jenis yang sehat.

“Selain itu, di bulan puasa nanti, penting bagi kita untuk menerapkan meal prepping yang benar supaya dapat menyiapkan hidangan makanan yang sehat dengan lebih maksimal untuk sahur dan berbuka. Pastikan untuk menyiapkan menu yang beragam agar lebih bervariasi dan keseruan berbuka puasa di rumah tetap terasa,” katanya.

Chef Norman Ismail juga memberikan tips untuk menyiapkan makanan saat sahur dan berbuka yaitu, membuat daftar bahan makanannya terlebih dahulu berdasarkan nutrisi, membuat 3 menu dalam sehari untuk sahur, takjil dan berbuka, serta buat jadwal meal prepping ini untuk 1 minggu terlebih dahulu.

“Ini bertujuan agar kita tidak overwhelmed dan dapat lebih praktis saat menyiapkan masakan. Contoh menu praktis yang bisa dicoba adalah nasi goreng, oseng tempe, ca jamur tiram dan ayam saus asam manis,” terangnya.

Selain nasi, oatmeal atau roti gandum bisa dijadikan alternatif saat sahur. Untuk menu saat berbuka, kentang atau olahan ubi bisa juga dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Olahan kacang merah serta buah-buahan seperti pisang, apel dan bit juga mengandung karbohidrat. Kurma juga buah lain yang mengandung karbohidrat dan dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia Daniel Minardi mengatakan Bulan Ramadan ini tidak hanya menjadi bulan yang suci untuk beribadah, tetapi menjadi momen yang tepat untuk kita dapat mereset diri dengan kebiasaan baru yang lebih baik serta menyehatkan tubuh.

“Penting untuk kita memperhatikan asupan makanan dan minum yang masuk ke dalam tubuh dan tidak lupa mengatur pola dan jam makan agar tubuh kita tetap dalam keadaan yang sehat dan tetap dapat beraktivitas dengan produktif. Seluruh pengguna Shopee dapat memanfaatkan ragam penawaran menarik selama kampanye Shopee 4.4 Sambut Ramadan Sale,” katanya. (Q cox, tama dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *