HukrimJatim RayaPeristiwa

Silaturahmi ke PWI Jatim, Kapolda Ajak Media Jaga Kondusifitas Pemilu 2024  

53
×

Silaturahmi ke PWI Jatim, Kapolda Ajak Media Jaga Kondusifitas Pemilu 2024  

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Kapolda Jatim, Irjen Pol Drs. Imam Sugianto M.Si bersama PJU Polda Jatim, di antaranya, Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto, Karoops Polda Jatim, Kombes Pol Puji, Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Komarudin, Kasubdit Penmas Polda Jatim, AKBP Sinwan dan Kapolsek Genteng, Kompol Bayu Halim mengunjungi Gedung Wartawan A. Azis Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Timur, Jl. Taman Apsari 15-17 Surabaya, Rabu (6/12/2023).

Ketua PWI Jatim, Lutfil Hakim menyampaikan, selamat datang kepada Kapolda Jatim yang baru di Kantor PWI Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Cak Item, sapaan akrab Ketua PWI Jawa Timur mengajak pihak kepolisian dalam hal ini Polda Jatim beserta jajarannya untuk bisa bersinergi dengan insan pers.

“Kami selama ini sudah bekerjasama dan bersinergi membangun hubungan yang luar biasa dengan polda, polres polres dan juga polsek. Sinergitas ini memang sudah sejak lama terbangun pak Kapolda, ada dua hal penting yang harus dijaga, di antaranya penegakan hukum terhadap penyalahgunaan profesi wartawan,” ujar Ketua PWI Jawa Timur.

Kapolda Jatim, Irjen Imam Sugianto, meminta media membantu menjaga kondusifitas khususnya di Jawa Timur dalam menghadapi pemilu 2024 yang tahapannya telah mulai berjalan.

“Mudah-mudahan kerjasama yang tadi sudah disampaikan pak Ketua bisa terus berjalan, dalam kesempatan ini apabila ada hal-hal kerjasama yang perlu disampaikan monggo. Perlu saya sampaikan, dimana saat ini masuk di tahun politik dan musim kampanye ini Alhamdulillah di Jawa Timur tidak ada hal-hal yang mengusik kampanye,” ujar Irjen Imam.

Mari kita Bersama-sama, memberikan evaluasi yang betul-betul mendidik pada masyarakat dan kemudian bisa menyejukkan.

“Itu yang kita harapkan. Saya yakin, dengan peran media dari berbagai media massa yang sekarang sudah luar biasa, jadi kami betul-betul mohon bantuan secara terstruktur monggo kita kerjasamakan hal itu dengan sebaik baiknya. Sehingga kita sama-sama menjaga dan merawat keamanan di wilayah Jawa Timur, mari sama-sama kita kawal mudah-mudahan tidak ada sesuatu yang menonjol nantinya dan bekerjasama membangun Jawa Timur yang baik,” harap Kapolda Jatim.

Selanjutnya dialog dari pengurus PWI Jatim menyampaikan beberapa hal, terkait dengan netralitas kepolisian, titik kerawanan dan aksi demo yang berakibat kemacetan jalan.

Dari beberapa pertanyaan tersebut dijawab oleh Karoops Polda Jatim, Kombes Pol Puji, menyampaikan terkait indeks dan lokasi-lokasi kerawanan di wilayah Jawa timur.

Sementara terkait aksi demo yang mengakibatkan kemacetan jalan, juga disampaikan oleh Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Komarudin.

Menurutnya, aktivitas masyarakat harus tetap berjalan meskipun ada unjuk rasa yang dilakukan. Pihaknya mengaku tetap memberikan penegakan secara humanis adalah untuk menghindari adanya gesekan, saat pelaksanaan di lapangan.

Di akhir acara, Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto menambahkan, bahwa untuk titik rawan pihaknya belajar pada pemilu tahun 2019 dari kejadian yang menonjol, salah satunya kotak suara hilang dan parahnya membakar polsek itu sudah kita petakan.

“Mudah-mudahan itu tidak terulang di 2024 ini, dan untuk masalah netralitas sudah tegas petunjuk dari pak kapolri ada 14 larangan dan tiga imbauan,” pungkas Kapolda Jatim. (q cox)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *