Tanggapi Tuntutan Warga Satak Kediri, Ini Jawaban PTPN XII

KEDIRI (Suarapubliknews) – Melalui Imam selaku Manager di area Ngerangka Sepawon, PTPN XII menepis kabar jika bahwa pihaknya tidak memprioritaskan warga sekitar dalam pengelolaan lahan perkebunan yang menjadi wewenangnya.

“Kami tidak pernah membedan siapa saja yang mau bermitra dengan pihak Kebun, termasuk bagi warga sekitar asalkan syarat dan ketentuanya dipenuhi,” Ucap Imam kepada media ini. Selasa (19/5/2020)

Menurut Imam, adapun syaratnya sebagai berikut, yaitu CV/UD, SIUP yang mana NPWP masih aktif dan kemudian diajukan kepada Direksi di Surabaya untuk mendapatkan proses persetujuan

“Jadi kalau ingin mengajukan mitra silakan asalkan syarat sesuai dengan uraian yang saya sampaikan tadi di penuhi,” Pungkasnya.

Sebelumnya media ini memberitakan, Eko Cahyono Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Budi Daya Desa Satak Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri mengaku kecewa atas kebijakan dari PTPN XII Ngrangka Pawon, karena tidak lagi mempekerjakan warga sekitar.

“Yang jelas kami sangat kecewa dengan sikap PT Perkebunan Nusantara XII yang dalam pengelolaan lahan tidak melibatkan warga sekitar,” Ucap Eko saat menggelar presscon dengan sejumlah awak media. Senin (18/5/2020)

Menurut Eko Cahyono, lokasi lahan milik PTPN XII bersebelahan dengan Desa satak, seharusnya warga sekitar itu di ajak bekerja, bukan malah mengambil pekerja dari luar.

“Selama 6 tahun, kami hanya sebagai penonton, dan dengan jumpa pers saat ini diharapkan pihak perkebunan mendengar keluhan dari masyarakat,” jelas Ketua LMDH Budi Daya ini.

Menurut Eko Cahyono, beberapa tahun sebelumnya kami bekerja sama dengan pihak Perkebunan dan tidak ada permasalahan, namun kenapa tiba-tiba mempekerjakan orang dari luar semua. Bukan warga sekitar.

“PTPN XII itu Perusahan milik Negara, seharusnya yang diprioritaskan adalah warga sekitar sehingga ada kontribusi kepada warga, bukan malah sebaliknya,” Pinta Eko cahyono

Terpisah, media ini berusaha melakukan konfirmasi ke Imam selaku Manager dari Pihak PTPN XII melalui ponselnya, namun masih belum memberikan respon apapun terkait hal tersebut. (q cox, Iwan)

Reply