Tim Satgas Penanggulangan Pencegahan PMK Tanah Bumbu Gelar Vaksinasi di Desa Manunggal

BATULICIN (Suarapubliknews) – Pendampingan Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) untuk hewan Sapi dilaksanakan di Desa Manunggal Kecamatan Karang Bintang, Senin (08/08/2022).

Tim Satgas Penanggulangan Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Kabupaten Tanah Bumbu bersama petugas gabungan, turut serta membantu pelaksanaan vaksin PMK kepada hewan ternak warga.

Sasaran sebagaimana data tercantum meliputi, ternak warga di Desa Manunggal Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu.

Sebanyak 100 dosis vaksin disuntikkan oleh drh. Nanang dengan dibantu oleh 4 orang, serta didampingi oleh Babinsa desa Manunggal, Pelda Indro Turseno dan Bapak Sujiono selaku Petugas Penyuluh Lapangan (PPL).

Para petugas kegiatan mendatangi, dari rumah ke rumah para pemilik ternak sapi, dimulai dari RT 21 sampai dengan RT 1 untuk melaksanakan vaksinasi hewan ternak secara gratis alias tidak dipungut biaya.

Ini untuk mencegah merebaknya kasus hewan ternak terkena penyakit PMK, oleh karenanya diperlukan peran aktif seluruh komponen terkait baik dari Satgas PMK, Babinsa, Bhabinkamtibmas maupun dari Dinas Kesehatan Tanbu, untuk memastikan Kabupaten Tanah Bumbu bebas dari PMK yang akhir-akhir ini sedang merebak dibeberapa wilayah di Indonesia.

Babinsa Desa Manunggal Pelda Indro ikut serta melakukan pendampingan di tempat pelaksanaan vaksinasi hewan ternak sapi.

“Hal ini dilakukan, agar hewan ternak terhindar dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), yang mana pada hari ini kami melakukan pendampingan kegiatan demi memastikan pelaksanaan kegiatan berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan vaksinasi ini, diharapkan hewan ternak di wilayah Kecamatan Karang Bintang khususnya Kabupaten Tanah Bumbu dapat terhindar dari virus penyebab penyakit PMK, sehingga stok daging sapi dapat dipenuhi dari peternak lokal dan tidak perlu mendatangkan dari luar daerah.

Pada kesempatannya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Tanah Bumbu H Hairuddin, melalui Sekretaris DKPP Tanah Bumbu Lamijan, menyampaikan bahwa vaksin PMK tersebut dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit PMK, dimana ini merupakan bentuk pengendalian terhadap wabah PMK pada hewan ternak terkhusus sapi dan kerbau, di wilayah Tanah Bumbu.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan vaksin ini, hewan ternak menjadi lebih kuat imunnya dan sehat, serta apa yang menjadi target pemenuhan vaksin PMK tersebut dapat dicapai pemerintah daerah dan kita tetap bisa mempertahankan zona hijau pada hewan ternak,” pungkasnya.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Tanah Bumbu, Berkat melaporkan bahwa timnya telah diturunkan ke seluruh kecamatan guna menyukseskan kegiatan vaksinasi kepada hewan ternak.

“Vaksin merupakan upaya Pemkab Tanbu dan Forkopimda untuk mencegah penyebaran PMK lebih lanjut di Bumi Bersujud,” terang nya.

DKPP Bidang Peternakan Tanah Bumbu, Satgas Penanggulangan Penyebaran Wabah PMK, berharap dengan dilangsungkannya kegiatan vaksin tersebut, dapat meningkatkan antibodi dan penguat imun pada hewan ternak. Yang mana terdapat sebanyak, 19.111 ekor sapi dan 831 ekor kerbau, di Kabupaten Tanah Bumbu, yang rawan terkena penyakit PMK. Pemenuhan target vaksin PMK hewan ternak ini berjumlah 6.000 dosis. (q cox, Imran )

Reply