Tingkatkan Pembangunan Infrastruktur, ITS Sepakati MoU dengan PT PP Properti

SURABAYA (Suarapubliknews) – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus bertekad untuk memajukan pembangunan di lingkungan sekitar kampus demi kenyamanan para mahasiswa dalam beraktivitas. Hal tersebut dibuktikan dengan ditandatanganinya nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT PP Properti, Rabu (23/11), di Ruang Rapat Pimpinan (Rapim) Gedung Rektorat ITS.

Wakil Rektor IV ITS Bidang Riset, Inovasi, Kerja sama, dan Kealumnian ITS Bambang Pramujati ST MScEng PhD menyampaikan kesan dan harapannya terhadap nota kesepahaman yang telah disepakati. Ia berharap PT PP Properti dapat menjadi mitra kerja sama yang simbiosis mutualisme bagi ITS. “Suatu kebanggaan bahwa ITS dapat bekerja sama dengan PT PP Properti, saya berharap kesepakatan ini bisa berjalan sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Dosen Derpartemen Teknik Mesin tersebut juga mengungkapkan bahwa dengan terjalinnya kerja sama antara PT PP Properti dengan ITS, maka realisasinya dapat dibuktikan dengan hasil pembangunan yang konkret. “Sebagai tindak lanjut dari kesepakatan ini, saya berharap jumlah asrama untuk mahasiswa dapat ditingkatkan,” tuturnya.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut dari pengembangan infrastruktur dan pembinaan karakter bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa baru. “Rencananya, asrama tambahan ini akan diwajibkan bagi seluruh mahasiswa baru untuk menetap selama satu tahun,” tegas doktor lulusan University of New Brunswick, Kanada tersebut.

Selain bagi mahasiswa, Bambang juga berharap ITS dan PT PP Properti mampu mendirikan perumahan untuk dosen. Ia juga membeberkan keinginannya agar lahan luas yang dimiliki oleh ITS dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dengan membangun fasilitas-fasilitas lain seperti hotel atau mall. “Harapannya, ITS dapat memiliki perumahan dengan lokasi yang dekat dan harga bersahabat,” ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama Yuyus Juarsa menyampaikan aspirasinya mewakili PT PP Properti. Ia mengatakan bahwa kesepakatan yang diresmikan hari ini merupakan keberlanjutan dari pembahasan yang telah dilakukan bersama Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng, beberapa waktu lalu. “Terkait hal tersebut, saya sudah membahasnya dan kami selaku perwakilan dari PT PP Properti siap menyanggupi,” tandasnya.

Selain pembangunan asrama dan perumahan dosen, ITS dan PT PP Properti juga berkeinginan untuk menyediakan program beasiswa dan menjadikan PT PP Properti sebagai pusat penelitian bagi mahasiswa ITS. Dengan begitu, PT PP Properti bisa memperoleh sumber daya manusia (SDM) dari ITS yang berkapabilitas, sehingga keduanya saling diuntungkan.

Tak hanya itu, ITS juga berharap kerja samanya dengan PT PP Properti dapat menginisiasikan gebrakan baru dalam bidang edukasi dengan mencanangkan program kuliah tamu bersama jajaran PT PP Properti yang berkredibilitas sebagai praktisinya. “Saya mewakili ITS, berharap kerja sama yang telah disepakati ini dapat memberikan kebermanfaatan tak hanya bagi ITS, tetapi juga bagi PT PP Properti,” tutupnya.

Acara tersebut dihadiri para jajaran penting dari masing-masing instansi. Dari pihak ITS dihadiri oleh Wakil Rektor IV ITS Bidang Riset, Inovasi, Kerja sama, dan Kealumnian ITS Bambang Pramujati ST MScEng PhD, Manajer Senior Pengelolaan Kerja Sama ITS Dr Farida Rachmawati, dan perwakilan dosen dari beberapa departemen tertentu. Sedangkan dari pihak PT PP Properti dipimpin langsung oleh Direktur Utama Yuyus Juarsa beserta jajarannya. (Q cox, tama dini)

Reply