Tinjau Donor Darah dan Screening Plasma Konvalesen, Wali Kota Eri Cahyadi Berpesan Ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) meninjau donor darah dan screening plasma konvalesen yang berlangsung di Gedung Suara Surabaya (SS), Jalan Bukit Darmo, Sabtu (6/3/2021).

 

Setiba di lokasi, ia langsung menyapa dan menemui pendonor satu per satu. Dalam kesempatan itu, Wali Kota Eri Cahyadi berkali-kali mengucap terima kasih yang tak terhingga kepada sedikitnya 200 orang pendonor yang datang pada waktu itu.

“Bapak ibu, matur nuwun (terima kasih), barokallah untuk amalan panjenengan (anda),” kata Wali Kota Eri Cahyadi disela-sela tinjauannya.

Bahkan, dengan penuh perhatian, dia menanyakan kondisi kesehatan para pendonor satu-satu hingga mendoakan mereka agar kegiatan donor darah serta screening plasma konvalesen tersebut menjadi amalan jariyah untuk mereka.

“Sehat terus nggih bu Panjenengan (anda), rumahnya dimana? terima kasih sekali lagi. Semoga menjadi amalan jariyah anda,” ucapnya kepada salah satu ibu yang sedang donor darahnya.

Di tengah antrean donor darah dengan disiplin protokol kesehatan (prokes) Covid-19, Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengapresiasi dan bangga apa yang dilakukan warganya dalam membantu sesama.

“Apa yang anda berikan hari ini bisa bermanfaat dan membantu saudara kita yang membutuhkan,” ungkap dia.

Tidak hanya itu, dari apa yang dilakukan warga di Gedung SS, orang nomor satu di Kota Pahlawan ini berharap, ke depan upaya seperti ini semakin lebih menjadi contoh bagi warga yang lain. Terutama donor plasma konvalesen, sehingga ke depan kebutuhan plasma konvalesen dapat terpenuhi. “Ke depan apa yang anda lakukan ini bisa menjadi contoh untuk kita sama-sama membantu warga,” jelas dia.

Menurutnya, kegiatan donor seperti sekarang dinilai luar biasa manfaatnya. Selain masih banyak warga yang membutuhkan, upaya semacam ini merupakan bentuk kepedulian dan gotong royong yang saling menguatkan antar masyarakat. Dia juga berharap, dari rasa kebersamaan dan rasa empati yang tinggi ini lah, pandemi Covid-19 di Kota Pahlawan akan segera berakhir dan warga kembali beraktivitas serta sehat semuanya seperti sediakala.

“Terus gotong-royong dan saling membantu warga. Mudah-mudahan, akan segera berakhir pandemi ini. Salam buat keluarga jenengan semua. Terima kasih, matur nuwun bapak-ibu,” pungkasnya. (q cox)

Reply