Peristiwa

VIRAL: Gunung Tangkuban Parahu Mendadak Erupsi, Wisatawan Tunggang Langgang

19
×

VIRAL: Gunung Tangkuban Parahu Mendadak Erupsi, Wisatawan Tunggang Langgang

Sebarkan artikel ini

JAWA BARAT (Suarapubliknews) – Telah beredar video di sejumlah jejaring sosial, yang menggambarkan erupsinya Gunung Tangkuban Parahu, dan berakibat tunggang langgangnya para wisatawan yang sedang berada di lokasi.

Dan sesaat kemudian, juga beredar keterangan resmi dari KESDM, Badan Geologi, PVMBG, Pos Pengamatan Gunungapi Tangkuban Parahu, yang bisa diakses di https://magma.vsi.esdm.go.id/

Berikut adalah kutipan keterangannya:

Telah terjadi erupsi G. Tangkuban Parahu, Jawa Barat pada tanggal 26 Juli 2019 pukul 15:48 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 200 m di atas puncak (± 2.284 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi ± 5 menit 30 detik.

Saat ini G. Tangkuban Parahu berada pada Status Level I (Normal) dengan rekomendasi:

A. Masyarakat di sekitar G. Tangkuban Parahu dan pengunjung, wisatawan, pendaki tidak diperbolehkan turun mendekati dasar kawah Ratu dan Kawah Upas dan tidak boleh menginap dalam kawasan kawah-kawah aktif yang ada di dalam kompleks G. Tangkuban Parahu, serta ketika cuaca mendung dan hujan dikarenakan terdapatnya gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan kehidupan manusia.

B. Masyarakat di sekitar G. Tangkuban Parahu, pedagang, wisatawan, pendaki, dan pengelola wisata G. Tangkuban Parahu agar mewaspadai terjadinya letusan freatik yang bersifat tiba-tiba dan tanpa didahului oleh gejala-gejala vulkanik yang jelas. (q cox)

Berikut adalah gabungan video yang viral tersebut:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *