Wabup M.Rusli Kukuhkan Paskibra Tanbu Angkatan XIX Tahun 2022

BATULICIN (Suarapubliknews) – Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibra) Angkatan XIX Tahun 2022 Kabupaten Tanah Bumbu dinyatakan siap melakukan tugas kenegaraan yang bertepatan dengan perayaan HUT Proklamasi ke 77 ini.

Kesiapan itu ditandai dengan pengukuhan Paskibra oleh Wakil Bupati Kabupaten Tanah Bumbu, Muh Rusli yang digelar di Gedung Mahligai Bersujud Kapet, Senin (15/08/2022).

Menurut data melalui Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporpar) Tanbu, Peserta Paskibra berjumlah 37 orang. Pendamping dan pengawal dari Polres Tanah Bumbu berjumlah 2 personil, TNI ada 2 personil, Danpas, Pelatih dari Polres 2 orang dan Kodim 1022/Tnb 2 orang, PPI ada 5 orang, serta pendampingan dari Disbudporpar 10 orang.

“Kini terpilih putra dan putri terbaik Bumi Bersujud yang telah dinyatakan lulus seleksi, dan menjadi Anggota Paskibraka HUT ke-77 Republik Indonesia, Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu,” ucap Wabup Tanbu.

Disamping itu, kata Wabup, atas nama Pemerintah Daerah yang diwakilkan oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu menyampaikan ungkapan selamat dan rasa bangga serta ucapan terimakasih kepada orang tua, pihak sekolah, pembina, pelatih dan panitia atas dedikasi dan upaya mempersiapkan Paskibraka Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2022.

Kegiatan berlangsung dengan digelarnya Upacara Bendera, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta serta dilanjutkan pada prosesi pengukuhan dengan pemasangan sabuk pengukuhan kepada perwakilan Paskibraka Tanah Bumbu oleh Pembina Upacara Wakil Bupati Tanah Bumbu Muh Rusli.

Diketahui bersama, sebelum dikukuhkan menjadi anggota Paskibraka, peserta telah menjalani penempaan secara fisik dalam tujuan pembangunan sikap mental pada pelaksanaan pengibaran Bendera Merah Putih.

Wakil Bupati Muh Rusli, berpesan agar hasil pendidikan dan latihan yang telah dilaksanakan selama ini, dapat menjiwai sikap dan perilaku keseharian dari para peserta Paskibraka.

“Apalagi saat tadi, kalian telah mengucapkan ikrar, serta mengikuti prosesi terhormat Bendera Merah Putih. oleh karena itu, kami berharap bahwa misi Paskibraka, tidak boleh berhenti pada momemtun peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 ini saja,” tandasnya.

Oleh karenanya dicanangkan dapat menjadi agen of change (agen perubahan) dan tauladan bagi pelajar dan generasi muda lainnya yang berada di lingkungan Bumi Bersujud.

Kepala Disbudporpar Tanah Bumbu, Hamaludin Tahir melalui Sukandar selaku Kepala Bidang (Kabid) Pemuda dan Olahraga (Pora) menyatakan, bahwa Paskibraka kesatria harus memiliki sikap bertanggung jawab, rela berkorban demi kepentingan Tanah Air Indonesia.

Prosesi Pengukuhan dihadiri oleh, Bupati Tanah Bumbu diwakili oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu, Asisten Ahli, Kepala SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu beserta Forkopimda. (q cox, Imran)

Reply