Wagub Emil Hadiri Pencanangan Digitalisasi UMKM Binaan Kodam V/Brawijaya

SURABAYA (Suarapubliknews) – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak mewakili Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam acara Pencanangan Digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Binaan Kodam V/Brawijaya, Senin (18/7/2022), di Grand Mercure Hotel Surabaya.

Wagub Emil meyakini bahwa UMKM adalah tulang punggung perekonomian Jawa Timur. Jika mendapat dukungan dari TNI dan ada sinergi yang baik dengan e-commerce, maka UMKM di Jatim akan terus tumbuh dengan kokoh.

“Kami yakin program ini akan menambah kabar bahagia kita di tengah-tengah pertumbuhan ekonomi Jawa Timur yang mencapai 5,2 persen di bulan Januari-Maret 2022 dibandingkan tahun lalu. Ini lebih besar daripada pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,01 persen dan yang menyumbang sebesar 57,8 persen adalah UMKM,” ujarnya.

Ia pun mengatakan bahwa program ini bisa disinergikan dengan Millenial Job Center (MJC). “Ada sekitar 2000 talenta muda yang sudah siap dan terbukti mahir dalam layanan digital, seperti digital marketing, desain logo, fotografi produk dan lain-lain. Jadi, kami dengan senang hati jika program ini bisa disinergikan dengan MJC,” sambungnya.

Adapun Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Nurchahyanto dalam sambutannya menerangkan bahwa program ini merupakan bentuk keberpihakan kepada UMKM yang telah memberikan kontribusi luar biasa.

“Di era teknologi informasi dan komunikasi digital seperti saat ini, kami berharap UMKM yang kami bina bisa beralih dari tradisional ke arah digital. Kawan-kawan dari e-commerce siap membantu agar sepulang dari sini kawan-kawan UMKM sudah bisa berjualan online,” tegasnya.

Pangdam V/Brawijaya juga menjelaskan bahwa kegiatan ini juga akan secara bergiliran dilaksanakan di beberapa kota lainnya seperti Malang, Madiun, dan Mojokerto. Adapun beberapa e-commerce yang hadir memberikan pelatihan secara langsung di lokasi adalah Tokopedia, Blibli, Shopee, Gojek, dan Grab. (Q cox, tama dini)

Reply