World Bicycle Day 2022, Wali Kota Eri Cahyadi: Satu Sepeda Sejuta Keluarga

SURABAYA (Suarapubliknews) – Ratusan pesepeda tampak memadati halaman Balai Kota Surabaya, Minggu (5/6/2022) pagi. Mereka terlihat antusias mengikuti perayaan World Bicycle Day (Hari Sepeda Sedunia) sekaligus Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2022.

Ratusan pesepeda ini rupanya tak hanya berasal dari Kota Surabaya. Melainkan pula ada yang datang dari Kabupaten Sidoarjo, Gresik dan sejumlah wilayah sekitar. Setidaknya ada 100 komunitas pesepeda yang mengikuti gelaran World Bicycle Day di Kota Surabaya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Wakil Wali Armuji kompak hadir mengikuti perayaan itu. Bahkan, kedua pemimpin Surabaya ini sekaligus memberangkatkan peserta World Bicycle Day dari halaman Balai Kota Surabaya menuju finish di Grand City Mall.

Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, pada perayaan World Bicycle Day tahun 2022, Surabaya menerima penghargaan kategori perunggu sebagai Kota Metropolitan ramah bersepeda. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh perwakilan pengurus pusat Bike To Work (B2W) Indonesia.

“Ada kebanggan tersendiri bagi Kota Surabaya, karena hari ini kita diberikan penghargaan sebagai kota ramah bersepeda dan itu mendapatkan peringkat ketiga atau perunggu,” kata Wali Kota Eri Cahyadi mengawali sambutannya.

Ia memastikan, di tahun 2023 seluruh jalan di Surabaya akan di-overlay. Sehingga hal itu diharapkan membuat lebih nyaman pengendara khususnya para pesepeda. Apalagi, jalur khusus pesepeda juga telah tersedia di Kota Surabaya.

“Tahun 2023, Insyaallah jalan di Surabaya diaspal (overlay) semua, sepeda ane (sepedaannya) tambah enak. Lek tambah enak sepedaane (Kalau tambah enak sepedaannya), kudu entuk emas nggih (harus dapat emas ya),” ujar Mas Eric sapaan lekat Wali Kota Eri Cahyadi.

Setelah seluruh jalan itu di-overlay atau dilakukan pembenahan, Mas Eric meyakini, Surabaya akan meraih peringkat emas atau kategori utama sebagai kota ramah pesepeda. Namun yang lebih penting baginya adalah bagaimana membuat para pesepeda itu makin nyaman saat berkendara di Kota Surabaya.

“Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berkomitmen memang di tahun 2023 semua jalan Surabaya sudah kita overlay. Sehingga ini memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan,” tegasnya.

Mas Eric menilai, antusiasme peserta yang hadir hari ini mengikuti perayaan World Bicycle Day dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia menunjukkan keramahan Kota Surabaya. Apalagi menurutnya, bersepeda ini dapat menggugah rasa kekeluargaan dan kegotongroyongan.

“Karena sepeda ini dicintai oleh seluruh masyarakat, terutama masyarakat Surabaya, karena itulah satu sepeda kita mempunyai sejuta keluarga,” tuturnya.

Tak lupa, Mas Eric juga berpesan kepada peserta maupun para pesepeda di Surabaya. Ia berharap, mereka selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan menggunakan layanan-layanan bersepeda dengan baik.

“Harapan saya dengan bersepeda ini, maka rasa kegotongroyongan, rasa persatuan semakin erat di antara warga Surabaya. Sehingga sepeda bisa membentuk suatu keluarga dan komunitas yang sangat luar biasa,” pungkasnya. (q cox)

 

Reply