47 Kursi DPRD Surabaya Telah Terisi, SCG Research and Consulting: 3 Kursi Sedang Diperebutkan

SURABAYA (Suarapubliknews) – Dari 50 (Lima Puluh) kursi di DPRD Surabaya yang diperebutkan, sudah bisa dipastikan 47 Kursi telah terisi. Data ini diperoleh dari hasil Survei Pemilu Legislatif SCG Research and Consulting pada tanggal 22 April 2019 dengan prosentase suara 91 %.

Menurut lembaga survei pimpinan Didik Prasetiyono selaku Direktur ini, ke 47 kursi itu masing-masing telah diperoleh PDI Perjuangan 14 Kursi, PKB 5 Kursi, Gerindra 5 Kursi, Golkar 5 Kursi, PKS 5 Kursi, Demokrat 4 Kursi, PSI 3 Kursi, Nasdem 3 Kursi, PAN 2 Kursi, dan PPP 1 Kursi.

Sementara untuk 3 (Tiga) Kursi masing-masing Kursi terakhir di Dapil 1, 3, 4 masih diperebutkan oleh PAN dan Demokrat (Dapil 1), PDI Perjuangan dan PAN (Dapil 3), kemudian PSI, Nasdem danPDI Perjuangan (Dapil 4) yang harus menunggu hingga Rekapitulasi KPU selesai 100%.

Terhadap nama-nama yang terpilih mengisi 50 Kursi DPRD Kota Surabaya didapat oleh Caleg dengan Suara Terbanyak di antara Daftar Caleg Partai yang memperoleh Kursi. Untuk hal ini SCG akan merilis nama setelah Penetapan rekapitulasi PPK di Kecamatan selesai 100%.

Menurut SCG, sejauh ini dari pantauan perolehan Suara terbanyak nama-nama incumbent masih mendominasi meskipun nama baru juga muncul mewarnai.

Diketahui, DPRD Kota Surabaya memperebutkan 50 (Lima Puluh) Kursi di 5 (lima) Daerah Pemilihan yang merupakan Gabungan 31 Kecamatan.

Rinciannya adalah sebagai berikut, Dapil 1 alokasi 10 Kursi (Kecamatan Bubutan, Genteng, Gubeng, Krembangan, Simokerto, Tegalsari), Dapil 2 alokasi 11 Kursi (Kecamatan Kenjeran, Pabean Cantikan, Semampir, Tambaksari), Dapil 3 alokasi 9 Kursi (Kecamatan Bulak, Gunung Anyar, Mulyorejo, Rungkut, Sukolilo, Tenggilis Mejoyo, Wonocolo).

Kemudian untuk Dapil 4 alokasi 10 Kursi (Kecamatan Gayungan, Jambangan, Sawahan, Sukomanunggal, Wonokromo), dan Dapil 5 alokasi 10 Kursi (Kecamatan Asemrowo, Benowo, Dukuhpakis, Karangpilang, Lakarsantri, Pakal, Sambikerep, Tandes dan Wiyung). (q cox)

Reply