Antisipasi Karhutla, Pemkab Tanbu Gelar Rakor Kesiapsiagaan

BATULICIN (Suarapubliknews) – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menggelar rapat koordinasi (Rakor) kesiapsiagaan dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Rakor yang menghadirkan beberapa stake holder seperti unsur TNI-Polri maupun pihak swasta tersebut dibuka Bupati Tanah Bumbu melalui Kepala BPBD setempat Eryanto Rais di ruang rapat BPBD, Kamis (19/11/12).

Dikatakan Eryanto, kegiatan ini sebagai bentuk kesiapsiagaan pencegahan lebih dini secara terpadu dalam menghadapi fenomena La Nina yang mengakibatkan anomali cuaca. Berupa peningkatan curah hujan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Meski demikian katanya, dalam situasi dan kondisi wilayah geografis, daerah ini sangat rentan terjadinya bencana banjir, tanah longsor, angin puting beliung maupun gelombang pasang.

“Melalui momentum rakor ini kami sangat berharap adanya komitmen, dukungan dan perhatian seluruh elemen dan stakeholder terkait daerah ini. Terutama dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana sedini mungkin. Yang lebih penting adanya saling memberikan masukan dari peserta Rakor sehingga rumusan ini bisa kami sampaikan kepada pimpinan ataupun pihak BNPB pusat,” ucapnya.

Dia menambahkan,penanganan bencana selama ini tidak lepas dari TNI dan Polri termasuk juga peran masyarakat hingga peran perusahaan pun tidak lepas dari keperduliannya selama ini.

Bagaimanapun paparnya, setiap kejadian tidak hanya tanggung jawab pemerintah namun tanggung jawabnya berada pada semua pihak.

“Untuk itu kami kami sangat mengapresiasi peran semua pihak baik TNI Polri masyarakat dan dunia usaha. Dimana setiap penanganan kejadian pihak pemerintah bersama lintas terkait telah saling bahu membahu di lapangan,” ungkapnya. (q cox, Imran)

Reply