Antisipasi Musim Hujan dan Angin Kencang, DKRTH Lakukan Perantingan Pohon

SURABAYA (Suarapubliknews) –  Mengantisipasi datangnya musim hujan dan angin kencang, Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya menerjunkan kekuatan penuh. Semua personil di 8 rayon taman diterjunkan untuk melakukan perantingan pohon.

Plt (Pelaksana Tugas) Kepala DKRTH Surabaya, Anna Fajriatin mengatakan, perantingan pohon dilakukan setiap hari. Ini dilakukan dengan cara menyisir setiap jalur pada masing-masing wilayah, seperti Surabaya Barat, Selatan, Utara dan Pusat.

“Semua ada jadwal, seperti kemarin di Petemon kali sampai hari ini, terus sepanjang Jalan HR Muhammad sampai Adityawarman lagi proses, MERR, Sukomanunggal, A. Yani. Kemudian area simpang, kami sisir semua,” kata Anna saat dikonfirmasi, Senin (12/10/2020).

Anna menyebut, semua personil yang ada di 8 rayon taman diterjunkan. Setiap rayon itu pun memiliki sky walker masing-masing. Bahkan, personil yang ada di kantor turut serta membantu perantingan pohon.

“Jadi tidak ada yang diam, semuanya melakukan perantingan untuk mengantisipasi musim hujan, termasuk pembersihan selokan,” tegasnya.

Mantan Camat Jambangan Surabaya ini mengaku, jika perantingan pohon sudah dilakukannya sejak 10 hari yang lalu. Hasil perantingan pun kemudian dibuat untuk pupuk kompos.

“Sudah lama, sekitar sejak 10 hari yang lalu. Setiap hari ada jadwal, habis meranting hasilnya dibuat kompos,” sebut dia.

Pihaknya berharap, langkah ini dapat mengantisipasi terjadinya pohon tumbang saat datangnya angin kencang. Tentu ini dilakukan semata-mata untuk melayani warga Surabaya. “Harapannya ya antisipasi pohon tumbang, tujuannya satu yaitu memberikan pelayanan yang terbaik untuk warga,” tutup Anna. (q cox, and)

Reply