Politik

Apresiasi Inovasi Ruang Konsultasi di Kelurahan dan Kecamatan, DPRD Surabaya: Harus dibarengi dengan kesiapan SDM

32
×

Apresiasi Inovasi Ruang Konsultasi di Kelurahan dan Kecamatan, DPRD Surabaya: Harus dibarengi dengan kesiapan SDM

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Mengapresiasi inovasi Pemkot Surabaya yang menghadirkan ‘Ruang Konsultasi’ di Kelurahan dan Kecamatan, namun Komisi A DPRD Suarabaya mengingatkan agar dibarengi dengan kesiapan SDM.

Hal ini disampaikan Anggota Komisi A DPRD Kota Surabaya, Bachtiar Rifai yang mengatakan jika terobosan baru yang dilakukan Pemkot Surabaya tersebut sangat bagus, karena semua layanan masyarakat bisa selesai di dua tempat tersebut yaitu, Kelurahan dan Kecamatan.

Menurut Bachtiar Rifai, Ruang Konsultasi menyerupai layanan di kantor-kantor swasta yakni Customer Service (CS). Jadi semua layanan clear di CS, tidak sampai ke level top manajemen.

Begitu juga dengan Ruang Konsultasi, kata dia, layanan masyarakat bisa selesai di Kelurahan atau Kecamatan, sehingga tidak perlu lagi ke pusat atau dinas yang ada di Pemkot Surabaya.

“Untuk itu kami di Komisi A sangat apresiasi terhadap Pemkot Surabaya, atas terobosan baru disektor layanan masyarakat dengan adanya Ruang Konsultasi.”ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Senin (13/12/21).

Dia mencontohkan, program Pemkot Surabaya yang belum tersentuh masyarakat yaitu program di Dispendukcapil seperti pencatatan nikah sirih, karena dengan aturan yang lama malah menghadapi birokrasi dan waktu yang lama, namun saat ini program tersebut sudah satu pintu.

“Kan sekarang Pengadilan Agama, KUA, Dispendukcapil sudah satu sistem atau one gate system, program ini perlu disosialisasikan ke masyarakat.” tegas Bachtiar.

Diakhr paparannya, Bachtiar mengatakan jika kehadiran Ruang Konsultasi di Kelurahan dan Kecamatan terpenting adalah kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) nya untuk ditempatkan di 31 Kecamatan dan 154 Kelurahan.

“Terpenting SDM nya, namun sekali lagi adanya Ruang Konsultasi ini merupakan inovasi Pemkot Surabaya dalam pelayanan masyarakat.” tutupnya.

Diketahui bahwa Pemkot Surabaya terus berinovasi untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam pelayanan. Tentu saja kemudahan dalam memberikan pelayanan itu, perlu didukung dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang menunjang.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi kemudian berinisiatif untuk menggagas ruang konsultasi di setiap kantor kelurahan dan kecamatan. Ruangan tersebut nantinya disiapkan untuk memberikan solusi bagi warga yang memiliki permasalahan terkait pelayanan publik. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *