Bandara Juanda Gelar Pelatihan Mitra Binaan, Wujudkan UKM Tangguh dan Mandiri

SIDOARJO (Suarapubliknews) – PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Juanda menyelenggarakan pelatihan bagi 40 mitra binaan yang berdomisili di wilayah Sidoarjo.

General Manager Bandara Juanda Heru Prasetyo mengatakan pelatihan yang diberikan khusus kepada para mitra binaan yang menerima dana pinjaman kemitraan tahun 2019 ini dilaksanakan selama 2 hari dengan materi pelatihan meliputi kewirusahaan dan pengelolaan SDM, _\Digital Marketing, pembukuan sederhana, dan perpajakan untuk UKM.

“Para para mitra binaan yang mendapat pelatihan tersebut terdiri dari berbagai bidang usaha yakni perdagangan sejumlah 23 mitra, sektor jasa 11 mitra, dan sektor industri 6 mitra. Pelatihan ini dipandang perlu untuk dilaksanakan guna meningkatkan kemampuan dan potensi mitra binaan, sehingga dapat menjadi UKM yang tangguh dan mandiri,” katanya.

Untuk tahun 2019 saja, Bandara Juanda telah memiliki 52 mitra binaan dengan total Rp 3,03 Miliar jumlah dana pinjaman yang telah disalurkan. Kehadiran bandara diharapkan mampu memberi pengaruh positif bagi masyarakat.

“Salah satunya melalui pelatihan mitra binaan ini, yang merupakan wujud kontribusi Bandara Juanda sebagai mitra pemerintah daerah dalam program penggerak pertumbuhan ekonomi serta pengembangan usaha kecil dan koperasi di Jawa Timur,” ungkap Heru.

Melalui pelatihan ini, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas hard dan soft skills para mitra binaan agar usaha yang dijalankan dapat tumbuh dan berkembang. Selain itu, mitra binaan juga diharapkan dapat beradaptasi dengan perkembangan jaman, salah satunya dengan memanfaatkan platform digital untuk memasarkan produk-produk usahanya.

Selama dua hari pelatihan, akan diberikan sejumlah materi dari pembicara yang berasal dari Lembaga Executive Development Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya dan Kantor Wilayah DJP Jatim II.

Setelah diberikan materi pelatihan, para mitra binaan juga akan melaksanakan _post test_ pada hari kedua. _Post test_ tersebut bertujuan untuk mengetahui tingkat penyerapan materi oleh para mitra binaan yang mengikuti pelatihan tersebut.

Salah satu mitra binaan PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Juanda, Tantri mengatakan bahwa pelatihan kewirausahaan yang diberikan sangat bermanfaat untuk usaha pembuatan baju batik miliknya.

“Dana pinjaman dari PT Angkasa Pura I (Persero) ini sangat bermanfaat untuk kami para wirausaha dalam pengembangan usaha dan selain itu kami juga berterima kasih telah diberikan pelatihan kewirausahaan yang tentunya sangat bermanfaat dalam pengelolaan usaha yang kami jalankan,” katanya. (q cox, Tama Dinie)

Reply