Peristiwa

Bandara Juanda Resmi Buka Posko Pengendalian Angkutan Lebaran 2023

36
×

Bandara Juanda Resmi Buka Posko Pengendalian Angkutan Lebaran 2023

Sebarkan artikel ini

SIDOARJO (Suarapubliknews) ~ Menandai dimulainya periode angkutan lebaran tahun 2023, Bandar Udara Internasional Juanda menggelar apel pembukaan Posko Pengendalian Transportasi Udara Hari Raya Idul Fitri Tahun 2023 (1444 H), Jumat (14/4).

Berlokasi di area lobby kedatangan Terminal 1, kegiatan apel dihadiri oleh pimpinan dan perwakilan stakeholder bandara. Posko pengendalian angkutan lebaran tahun 2023 berlokasi di dua tempat yakni Terminal 1 dan Terminal 2 serta akan dilaksanakan selama 19 hari sejak tanggal 14 April hingga 2 Mei 2023.

Selama periode Posko tersebut pihak pengelola bandara memprediksi akan ada sejumlah 772.145 penumpang atau naik 18 persen jika dibanding tahun sebelumnya yakni 656.817 penumpang, dengan puncak pergerakan penumpang sejumlah 42 ribu orang pada H-3 Hari Raya Idul Fitri tahun 2023. 

Sementara untuk pergerakan pesawat, diperkirakan akan ada 5.439 pergerakan atau meningkat 16 persen dibanding tahun lalu sebanyak 4.694 pergerakan pesawat, dengan jumlah tertinggi diprediksi sekitar 294 pergerakan pesawat pada H-3 Lebaran.

Terkait penambahan penerbangan atau ekstra flight selama periode libur lebaran, General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani Jaffar menyebut hingga saat ini ada empat maskapai yang mengajukan. 

“Berdasarkan permohonan yang kami terima, Air Asia, Lion Air, Pelita Air, dan Super Air Jet sudah mengajukan. Semuanya penerbangan domestik untuk rute Bali, Balikpapan, Jakarta, dan Banjarmasin dengan total 210 flight datang dan berangkat pada periode Posko Lebaran. Mengantisipasi hal-hal tersebut, kami bersama seluruh instansi komunitas bandara berkomitmen untuk mensukseskan angkutan lebaran tahun ini dengan memberikan pelayanan terbaik dengan tetap mengedepankan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan,” ungkapnya..

Dirinya menyebut langkah antisipasi tersebut diantaranya adalah penyesuaian jam operasional bandara. “Kondisi eksisting saat ini operasional pelayanan adalah 16 jam dimulai pukul 05.00 WIB hingga 21.00 WIB. Kami berencana akan menambah jam operasional pelayanan menjadi 24 jam untuk periode tanggal 18 hingga 30 April 2023,” terangnya.

Sisyani mengimbau kepada seluruh calon penumpang yang akan berangkat dari Bandar Udara Intenasional Juanda untuk datang 2-3 jam sebelum keberangkatan. “Guna kenyamanan, kami imbau kepada para pengguna jasa yang akan berangkat melalui Bandara Juanda pada H-5 hingga H-1 libur lebaran untuk memastikan jam keberangkatan kepada maskapai dan sebaiknya tiba di bandara 2-3 jam sebelum waktu keberangkatan agar tidak tergesa-gesa,” imbaunya. (q cok, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *