Bisnis

Bank Jatim Target Penyaluran Kredit Rp33,8 Triliun Hingga Akhir 2018

10
×

Bank Jatim Target Penyaluran Kredit Rp33,8 Triliun Hingga Akhir 2018

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (BJTM) menargetkan total penyaluran kredit Rp33,8 triliun, dan hingga Agustus 2018 telah terealisasi Rp32,8 triliun.

Direktur Keuangan Bank Jatim Ferdian Timur Satyagraha mengatakan capaian penyaluran kredit tersebut mengalami pertumbuhan 6,6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dengan pertumbuhan kredit tertinggi adalah sektor konsumsi sebesar 8,78%.

“Sebanyak 75% dari total capaian penyaluran kredit merupakan kredit ritel konsumer seperti UMKM, dan sebanyak 25% merupakan kredit korporasi termasuk sektor infrastruktur ada di dalamnya. Akhir tahun ini kami proyeksikan pertumbuhan kredit kita bisa mencapai 8%,” katanya.

Infrastruktur menjadi daya tarik tersendiri bagi Bank Jatim hingga Agustus, sudah disalurkan kredit di sektor ini hingga Rp 1 triliun. Di antaranya proyek tol Legundi Manyar senilai Rp 500 miliar. Proyek tol Pasuruan Probolinggi senilai Rp 100 miliar hinga pabrik pengolahan gula senilai Rp 200 miliar.

“Kami akan terus berpartisipasi dalam pembiayaan kredit infrastruktur ini karena secara tidak langsung juga berdampak pada UMKM di sekitarnya akan ikut tumbuh kedepannya,” papar Ferdian.

Selain sektor korporasi yang termasuk infrastruktur, perseroan juga menyalurkan kredit multiguna yang telah menyumbang kinerja kredit terbesar yakni berkontribusi 56,87% dan teraman dengan menghasilkan NPL terendah hanya 0,26%.

Adapun hingga Agustus 2018, Bank Jatim mencatatkan kinerja aset tumbuh 12,05% atau menjadi sebesar Rp59,74 triliun dan laba bersih tercatat Rp928,05 miliar atau tumbuh 3,50% (yoy).

Selain itu, Bank Jatim membukukan pertumbuhan yang cukup signifikan untuk Dana Pihak Ketiga (DPK) yaitu sebesar 13,09% (yoy) sehingga kinerja CASA masih terjaga dengan baik sebesar 67,57%.

Bank Jatim hingga saat ini memiliki total layanan sebanyak 1.638 layanan, baik layanan konvensional maupun syariah serta ATM Bersama dan jaringan Prima dan Prima Debit.

“Yang terbaru, kami telah bergabung dalam GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) yang berarti kartu ATM Bank Jatim dapat digunakan pada seluruh ATM dan merchant di Indonesia yang berlogo ATM Bersama, Prima dan GPN tanpa biaya,” imbuhnya. (q cox, Tama Dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *