OlahragaPeristiwa

Berawal Dari Bersepeda Saat Pandemi, Ikasmadabaya Cycling Community Rayakan HUT Ke-2

33
×

Berawal Dari Bersepeda Saat Pandemi, Ikasmadabaya Cycling Community Rayakan HUT Ke-2

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) ~ Berbekal kesukaan bersepeda dan bersoasialisasi lintas angkatan, para alumni SMA Negeri 2 Surabaya membentuk Ikasmadabaya Cycling Community yang lebih dikenal dengan singkatan ICC, salah satu komunitas bersepeda terbesar di Surabaya.

Para penggagas berdirinya ICC di tahun 2021, Nora Lelyana, alumnus SMA Negeri 2 Surabaya lulusan tahun ‘81, Andi Kusmanadi (‘80), Bambang Suharnoko (‘80), Andy Indra (‘81) Adjid Laksana (’81), Taufan (’82), Brahmantya (’83) dan Rima Ardiyanti (’86) saat itu mereka mendapati banyak juga alumni Smadabaya dari berbagai angkatan yang juga mengisi masa pandemi dengan bersepeda. 

Saat itu para penghobi sepeda ini melakukan kegiatan bersepeda mandiri atau dalam kelompok kecil, di lokasi – lokasi Taman Bungkul, Taman Surya, Jembatan Suramadu hingga ke Pandaan. Mereka mencoba mengumpulkan alumni yang suka bersepeda ini untuk “gowes” bersama di akhir Januari 2021. 

Tidak terduga, sebanyak 47 orang alumni dari berbagai angkatan menyambut undangan ini dengan berkumpul di Jl. Taman Bintoro dan melakukan kegiatan perdana bersepeda bersama. Dari gowes perdana ini, muncullah ide untuk membentuk sebuah komunitas bersepeda diantara alumni SMA Negeri 2 Surabaya lintas angkatan.

Ketua Umum Ikasmadabaya 2022- 2027 Nora Lelyana menyampaikan ICC ini unik. Sejak terbentuknya ICC, yang dirasakan adalah kuatnya ikatan alumni SMA Negeri 2 Surabaya. Warna alumni Ikasmadabaya sangat menonjol sehingga kekompakan diantara pegowes Ikasmadabaya mudah terjalin. 

“Sekali bergabung gowes di ICC, semua dapat merasakan suasana nyaman seperti berada dalam sebuah keluarga besar. Semua angkatan dari angkatan ‘66 sampai angkatan 2000-an bisa melebur dalam persaudaraan, tanpa memandang senior – yunior , anggota lama atau baru, semua bisa berkomunikasi dengan nyaman,” katanya.

ICC resmi berdiri pada tanggal 14 Februari 2021. Nora Lelyana didapuk menjadi Ketua ICC. Peresmian berdirinya ICC dilakukan di halaman dalam SMA Negeri 2 Surabaya, dengan dihadiri Ketua Ikasmadabaya saat itu. Sejak terbentuk ICC telah melakukan banyak kegiatan, bukan hanya bersepeda di dalam kota, tetapi juga bersepeda hingga ke banyak kota lain.

Selain kegiatan bersepeda, ICC juga kerap melakukan kegiatan sosial, diantaranya kunjungan ke para guru yang telah purna tugas dan kegiatan berbagi dengan masyarakat yang membutuhkan. Dalam setiap kegiatan, selalu terselip juga kegiatan – kegiatan keakraban yang semakin meningkatkan ikatan persaudaraan diantara anggota ICC.

Di usia ke-2 nya ini, ICC tumbuh menjadi salah satu komunitas bersepeda terbesar di Surabaya, dengan jumlah anggota mencapai 300 orang. Pada perayaan HUT ke-2 yang dilangsungkan di Alun-alun Surabaya, ICC melakukan kegiatan bersepeda bersama dengan rute dalam kota dengan start dan finish di Alun-alun Surabaya, dilanjutkan dengan acara keakraban berupa penampilan band, fashion show dan humor ICC. Di acara HUT ke-2 ini, sekaligus dilakukan acara seremonial serah terima Ketua ICC dari Nora Lelyana kepada Surya Haksara.

Alumnus ’85 yang saat ini menjadi Ketua ICC Surya Haksara menyampaikan harapan agar ICC dapat terus berkembang seiring dengan makin bertambahnya anggota, semakin guyup dan mempererat rasa persaudaraan antar anggota, serta memperluas jaringan ICC dengan acara – acara gowes bareng Jelajah Indonesia di berbagai kota dimana terdapat alumni SMA Negeri 2 Surabaya, bahkan di luar negeri bila memungkinkan.

Mantan Ketua ICC Nora Lelyana berharap semoga ICC selalu menjadi perekat persaudaraan bagi seluruh keluarga besar Ikasmadabaya dimanapun berada. “Semoga ICC dapat menjadi sarana untuk sehat dan bahagia Bike for Good, ICC Jaya Jaya Jaya! Kereeen Pol!,” tutupnya. (q cok, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *