Buka Google I/O Extended Surabaya, Wagub Jatim: Generasi Muda Berperan Aktif Dengan Tools dan Ekosistem Digital yang Mendukung

SURABAYA (Suarapubliknews) – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak membuka Google I/O Extended Surabaya Google Developer Group (GDG) di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS), Sabtu (30/7). Di kesempatan ini, Wagub Emil mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyatakan dukungannya terhadap forum tersebut.

Pasalnya, ilmu seputar web development, machine learning, mobile device, cloud service, dan artificial iintelligence (AI) yang didapatkan oleh para peserta melalui pelatihan Google dapat dimanfaatkan untuk kebangkitan Jatim. Salah satunya, melalui reformasi sistem  teknologi di berbagai bidang yang dapat diinisiasi oleh generasi muda Jawa Timur.

“Mengingat bahwa Indonesia juga sudah mulai memasuki revolusi industri 5.0. maka perkembangan dunia teknologi menjadi urgensi yang juga harus dipertimbangkan oleh pemerintah melalui para pemuda. Ini hal yang luar biasa, mari kita fokus pada bagaimana hal ini membuat kita lebih maju dengan tools yang banyak disediakan oleh ekosistem ini,” jelasnya.

Ia menyebutkan, reformasi sistem teknologi ini dapat diterapkan di berbagai bidang di Jatim. Seperti pemerintahan, medis, dan industri. “Ada unsur penting yang ditawarkan oleh teknologi digitalisasi. Ini bisa diterapkan di bermacam bidang, seperti dalam hal pelaksanaan pemerintahan, medis, dan bisnis, sehingga dapat tercapai pelayanan masyarakat secara lebih luas, efektif dan efisien. Pemuda Jatim dapat berperan aktif dalam development ini,” tegasnya.

Wagub Emil mencontohkan, machine learning dan artificial intelligence dapat dimanfaatkan dalam program-program pemerintahan seperti ketika di masa pandemi dahulu. Ada AI yang dikembangkan untuk mendeteksi penggunaan masker dan covid positive person.

Selain itu, web development dan mobile device dapat digunakan untuk mengembangkan platform digital untuk pengolahan data. Juga, untuk membuat platform belanja online yang spesifik bagi (Usaha Mikro Kecil Menengah) UMKM Jatim sehingga dapat menembus pasar lebih luas.

Wagub Emil lantas optimis bahwa penguasaan teknologi generasi muda Jatim dapat membangkitkan kembali perekonomian Bumi Majapahit di momen pemulihan Covid-19. Ia menyampaikan apresiasinya secara langsung pada pihak Google yang telah mendukung kiat anak muda Jatim di bidang teknologi.

“Kedepannya, _skill_ dalam hal technology design akan sangat dibutuhkan dan dipastikan akan terus bertumbuh seiring dengan perkembangan zaman. Involvement dari Google menjadi catalyst yang luar biasa untuk mendukung generasi muda Jatim,” pungkasnya. (Q cox, tama dini)

Reply