Jatim RayaPemerintahan

Buka IIMS Surabaya 2022, Wagub Emil Harap Naker dan Bisnis Otomotif Lokal Go Internasional

12
×

Buka IIMS Surabaya 2022, Wagub Emil Harap Naker dan Bisnis Otomotif Lokal Go Internasional

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak membuka Indonesia International Motor Show (IIMS) Surabaya 2022 di Grand City Convention Center pada Kamis (1/6).

Pada pagelaran otomotif berskala internasional ini, Ia berharap keterlibatan tenaga kerja (naker) dan pelaku usaha lokal dapat kian ditingkatkan. Utamanya, hingga sampai ke kancah internasional.

Salah satunya, dengan meningkatkan kemampuan industri penunjang seperti reparasi dan servis otomotif. Di sini, Ia optimis dukungan terhadap pendidikan vokasi dapat menghasilkan teknisi-teknisi unggul.

“Kita berharap industri penunjang termasuk kemampuan untuk repair, perbaikan, service dan lain sebagainya tetap bisa diperkuat. Itulah sebabnya melalui pendidikan vokasi kita ingin memperkuat ketersediaan teknisi,” ungkapnya..

Wagub Emil memandang, bahwa meningkatnya keterlibatan tenaga kerja dalam otomotif dapat membuka lebih banyak peluang kerja bagi masyarakat Jatim. “Sehingga ini menjadi lapangan pekerjaan bagi masyarakat Jawa Timur. Tidak lupa juga memang ini adalah salah satu sumber pendapatan asli daerah untuk pemerintah provinsi di sektor otomotif,” jelasnya.

Dalah pameran otomotif ini, Ia juga berkesempatan menyaksikan langsung keterampilan para builder lokal yang menjadi peserta IIMS. Menyaksikan berbagai mobil lawas yang dimodifikasi dan direstorasi, Wagub Emil memuji kreativitas generasi muda untuk mengasilkan karya yang berkelas internasional.

Wagub Emil juga mengunjungi dan melihat langsung karya otomotif merk dalam negeri seperti buatan ITS dan motor listrik Gesits. “Tadi juga kami melihat karya-karya Builder yang keren-keren. Ini menunjukkan bahwa kreativitas anak muda dan generasi Milenial yang ada di Jawa Timur luar biasa. Ini gabungan dari edukasi, teknologi, dan muatan merk lokal,” pujinya

Menurutnya, diadakannya pameran ini di Surabaya adalah salah satu keputusan tepat. Mengingat perputaran dan kontribusi ekonomi terbessr kedua Indonesia ada di Jatim. Ini lantas menjadikan Surabaya sebagai salah satu pusat daya tarik bagi peminat otomotif. Di sini, Pemprov Jatim terus memberikan dukungan, salah satunya dengan pemberlakuan insentif pajak untuk kendaraan bermotor listrik.

“Menyelenggarakan event di Surabaya untuk acara seperti ini sangat penting karena memang ini salah satu center of gravity ekonomi Indonesia. Pemprov Jatim akan terus memberikan dukungan salah satunya dengan insentif pajak untuk kendaraan listrik,” sebutnya.

Di akhir, Wagub Emil berharap agar peluang untuk terus berkarya dan bekerja di bidang otomotif terbuka luas untuk masyarakat Jatim. Ia pun mengimbau, agar masyarakat yang hadir tetap tidak abai atas prokes dan tetap menjaga kesehatan.

“Kami bersyukur bahwa peminatnya baik, mulai dari partisipasi pesertanya juga baik. Melihaf minat masyarakat, semoga peluang untuk terus berkarya dan bekerja di bidang otomotif makin besar. Kita harap ini bisa berjalan lancar dan protokol kesehatan bisa dipatuhi sebaik-baiknya,” katanya.

Wagub  Emil pun mengajak segenap peminat otomotif untuk mengapresiasi karya anak bangsa yang telah Go Internasional ini dengan menghadiri IIMS 2022 yang berlangsung mulai tanggal 1 Juni – 5 Juni 2022 ini. “Untuk melihat karya-karya yang berkelas dan berkualitas internasional ini, saya mengajak untuk mirsani langsung di sini,” tutupnya. (Q cox, tama dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *