NasionalPemerintahan

Camat Karbin Kabupaten Tanah Bumbu Pastikan Pilkades Wilayahnya Kondusif

49
×

Camat Karbin Kabupaten Tanah Bumbu Pastikan Pilkades Wilayahnya Kondusif

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) – Camat Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu, Syafruddin memastikan bahwa pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) hingga saat ini berjalan secara kondusif dan stabil.

Lebih lagi, selama berjalannya tahapan di backup oleh Polsek dan Koramil Kecamatan Karang Bintang untuk pengawalan pengamanan.

“Ada 5 desa di Kecamatan Karang Bintang yang menggelar Pilkades pada tanggal 18 Maret 2023 mendatang,” terang dia di ruang kerjanya kantor Camat Karang Bintang, Kamis (16/2/2023).

Menurut dia, hingga masuk tahapan verifikasi bakal cakades hari ini, tidak terlihat ada gesekan-gesekan antar bakal calon.

“Kami (Camat, Kapolsek dan Danramil) terus pantau semua desa yang menggelar pilkades, aman dan terkendali,” yakin dia.

Sementara, jelas Syafruddin, 5 desa yang menggelar Pilkades dipimpin oleh pejabat sementara atau Pj Kades.

Pj Kades, sambung dia, berasal dari ASN Esselon IV atau Kepala Seksi di Kecamatan Karang Bintang.

“Desa Karang Bintang, Maju Sejahtera, Pandansari, Selaselilau, dan Pematang Ulin diisi pejabat sementara (Pj) kades hingga kades terpilih dilantik definitif,” jelas dia.

17 Bakal Cakades Menjalani Verifikasi, 4 Petahana

Menimpali, Sekretaris Camat Karang Bintang, Lilik Suryani mengatakan, pendaftar bakal Cakades di Kecamatan Karang Bintang semuanya berjumlah 17 orang.

“Desa Karang Bintang, Pandansari, dan Pematang Ulin masing-masing ada 4 bakal cakades. Kemudian, Desa Selaselilau ada 3 bakal cakades dan Desa Maju Sejahtera ada 2 bakal cakades,” Jelasnya.

Dibeberkan dia, dari 17 bakal Cakades di 5 desa menggelar Pilkades, 4 bakal Cakades berstatus petahana atau Kades periode sebelumnya yang mencalonkan kembali.

“Hanya Desa Selaselilau yang tidak ada bakal cakades petahana. Digantikan istri kades periode sebelumnya mencalonkan diri di Pilkades tahun 2023,” imbuhnya.

Kemudian, tambah dia, calon kepala desa yang akan berkompetisi di Pilkades serentak 2023 gelombang satu, apabila lolos dalam verifikasi.

“Setelah lolos verifikasi, tanggal 24 Februari 2023 ditetapkan sebagai calon kepala desa di Pilkades tanggal 18 Maret 2023,” Kata Ketua Panitia Pengawas Pilkades Kecamatan Karang Bintang.

Namun, lanjut dia, kalau hasil verifikasi ada bakal calon kades yang gugur dan menyisakan satu calon kades, maka akan dibuka perpanjangan waktu pendaftaran bakal calon kades.

“Karena tidak boleh calon tunggal dalam pilkades,” tuturnya.

Dari data Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) setempat, Pilkades serentak gelombang satu Kabupaten Tanah Bumbu digelar di 55 desa dari 12 kecamatan.

Sesuai jadwal tahapan Pilkades, verifikasi bakal Cakades berlangsung hingga tanggal 21 Februari 2023.

Kemudian, penetapan calon kades perserta Pilkades serentak dijadwalkan pada tanggal 24 Februari 2023.

Sementara, masa kampanye calon kepala desa diberi waktu selama 4 hari dari tanggal 10-14 Maret 2023.

Masa tenang selama 3 hari dari tanggal 14-17 Maret 2023.

Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak digelar pada tanggal 18 Maret 2023. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *