Nasional

Camat Mappakasunggu Buka Acara Pelatihan (SID) TA 2019

12
×

Camat Mappakasunggu Buka Acara Pelatihan (SID) TA 2019

Sebarkan artikel ini

TAKALAR-SULSEL (Suarapubliknews) – H. Bostan Tika,S,Sos,MM, Camat Mappakasunggu Kabupaten Takalar-Sulsel, membuka acara Pelatihan Sistim Informasi Desa (SID) yang digelar atas kerjasama antara panitia pelaksana dengan eleman Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KMPK), Sabtu (13/07/2019) malam.

Acara yang diselenggarakan dari tanggal 13 hingga 15 Juli 2019 di Hotel Prima Makassar ini menghadirkan Yuda Muhti sebagai narasumber dan diikuti oleh utusan masing-masing desa yang terdiri dari Kepala Desa dan Operator IT Desa yang menjadi Pilot Project (percontohan) program “pengembangan Sistem Informasi Desa” (SID).

Dalam sambutanya, H.Bostan Tika menyampaikan, seiring perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat, pemerintah dan masyarakat desa diharapkan mampu merespon dan memanfaatkan peluang tersebut guna mendukung pelaksanaan pembangunan di desa masing-masing.

Menurut dia, berbagai kemudahan akan didapatkan oleh warga masyarakat dan tentunya bagi pemangku kebijakan yang lebih tinggi untuk mengakses informasi mengenai kegiatan penyelenggaraan pemerintah desa secara online.

“Selain itu sistem informasi desa (SID) akan sangat bermanfaat untuk peningkatan kinerja pemerintahan desa dalam memberikan pelayanan prima, cepat dan tepat ke masyarakat,’ ucapnya.

Oleh karenanya Camat berharap, Desa di seluruh Kecamatan Mappakasunggu bisa menerapkan sistem informasi desa dan dapat memanfaatkan teknologi tersebut untuk perencanaan, kontroling maupun evaluasi pembangunan.

H.Tika meminta agar SID yang akan dibangun dapat dilaksanakan dan diwujudkan, sehingga Desa memiliki basis data/bank data (SID) untuk menyusun perencanaan desa dan keperluan lainya.

Selain itu mereka juga diharapkan mampu mengestafetkan ilmu yang didapat kepada Desa yang lain, sehingga pada akhirnya seluruh desa yang ada di Kecamatan mappakasunggu mampu mengembangkan Sisitim Informasi Desa (SID).

Diketahui, SID adalah sebuah platform teknologi informasi komunikasi untuk mendukung pengelolaan sumber daya komunitas di tingkat desa. SID merupakan salah satu Program kerja yang memfasilitasi pemerintah desa untuk membangun sistem informasi desa (SID) tersebut. (q cox, Wahyu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *