NasionalPemerintahan

Cegah PMK pada Hewan, Pemkab dan Polres Tanbu Cek Kelaikan Sapi untuk Kurban

9
×

Cegah PMK pada Hewan, Pemkab dan Polres Tanbu Cek Kelaikan Sapi untuk Kurban

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) – Kepala Dinas Pertahanan Pangan dan Pertanian Hairuddin bersama jajaran Polres Tanah Bumbu melakukan penyemprotan Desinfektan di tempat penjualan sapi juga sekaligus pemeriksaan 250 ekor Sapi sebelum dijual di pasaran untuk cegah wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Hal demikian seiring dengan instruksi Kapolres Tanbu AKBP Tri Hambodo SIK kepada Jajarannya untuk melakukan pemeriksaan dan pengecekan langsung ke peternakan sapi.

“Polri bekerja sama dengan instansi terkait turut serta mengawasi penanganan PMK di setiap wilayah Tanbu, melalui upaya tracing dan pengecekan untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut ke hewan ternak lainnya. Sehingga penyakit ini bisa kita bantu lokalisir dan tidak meluas dengan bantuan penjagaan dan pengawasan,” ujar Kasi Humas AKP Made Rasa menirukan pesan Kapolres Tanbu,
Sabtu (09/07/2022).

Lanjutnya, untuk wilayah Kecamatan Kusan Hilir, Polsek setempat melakukan upaya pengecekan sapi kurban dan juga melakukan penyemprotan desinfektan di tempat penjualan sapi milik Muhtar.

“Sapi yang diperiksa sekitar 3 ekor dan tidak ditemukan sapi yang terkena penyakit PMK, dan semua sapi, siap disalurkan kepada masyarakat untuk kebutuhan Qurban,” ujarnya.

Kegiatan yang sama juga dilakukan Polsek Kusan Hulu, telah dilakukan Pemeriksaan dan Pengecekan pertenakan kandang sapi dan melakukan penyemprotan desinfektan bersama Manteri Hewan, di kandang sapi milik Kanto, Desa Karang Mulya. Sapi yang di periksa sekitar 12 ekor dan tidak ditemukan penyakit PMK, dan semua sapi siap disalurkan kepada masyarakat.

Senada juga dilakukan Polsek Sungai Loban, melakukan pengecekan sapi kurban dan juga melakukan penyemprotan desinfektan di penjualan sapi milik Wayan Gajeh, di RT 06 Desa Wanasari Sungai Loban. Sapi yang diperiksa sekitar 3 ekor dan tidak ditemukan penyakit PMK. Semua sapi siap disalurkan kepada masyarakat.

“Kegiatan ini dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Polsek-Polres Tanah Bumbu, bersama stakeholder terkait lainnya. Alhamdulillah berjalan lancar dan sejauh ini tidak ditemukan adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) untuk Hewan Qurban di wilayah Hukum Polres Tanbu,” pungkas AKP Made. (q cox, Imran )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *