Politik

Desak Pencairan Gaji PNS ke 13, DPRD Surabaya Siap Dukung Pemkot (Video)

7
×

Desak Pencairan Gaji PNS ke 13, DPRD Surabaya Siap Dukung Pemkot (Video)

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – DPRD Surabaya melalui Komisi A yang membidangi hukum dan Pemerintahan, mendesak Pemkot Surabaya agar segera mencairkan gaji ke 13 untuk PNS di lingkungan kerjanya. Pasalnya, daerah lain telah melakukan pada bulan Juli lalu.

Hadir dalam rapat pertemuan ini Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pajak Daerah (BPKPD) Kota Surabaya Yusron Sumartono, Kepala Bappeko Ery Cahyadi, Kepala Dindik Ihsan, Kepala BKD Mia Santi Dewi, dan pejabat lainnya.

“Hanya Surabaya yang tidak mencairkan gaji ke-13 sampai sekarang. Kenapa ini bisa terjadi,” kata Ketua Komisi A Herlina Sunjoyo Njoto yang juga selaku pimpinan rapat. Rabu (29/8/2018).

Armuji Ketua DPRD Surabaya juga terlihat hadir dalam rapat dengar pendapat di Komisi A dengan tim anggaran pemkot, yang bertujuan mendapatkan keterangan seputar belum dicairkannya gaji bonus untuk kebutuhan tahun ajaran baru sekolah itu, padahal kekuatan APBD kota ini Rp 8 triliun.

“Kasihan lah PNS pegawai rendahan. Mereka berharap bisa untuk biaya sekolahkan anak. Cairkan karena ini instruksi menteri. Jangan takut salah. Semua daerah mencairkan gaji ke-13. Hanya Surabaya yang tidak. Pasti seluruh Indonesia ini masuk penjara kalau A salah,” desak Ketua DPRD Armuji.

Menurut Kepala BPKPD Kota Surabaya, Yusron Sumartono, belum dieksekusinya gaji ke 13 ini karena pihaknya perlu konsultasi ke pusat. Sebab sesuai amanah PP 18/2018 tentang l gaji ke-13 dibayarkan lengkap dengan tunjangan kinerja, bukan gaji pokok saja.

Yusron menambahkan, pihaknya tidak mau gegabah dengan pencairan gaji ke-13 karena bisa berkonsekuensi hukum. Sebab sesuai PP, Gaji Bonus ini harusnya lengkap dengan komponen tunjangan. Daerah lain pencairanya ada yang pokok saja.

“Kalau memang dikehendaki dicairkan, kami akan bawa ke rapat pimpinan tim anggaran. Tapi ketua Tim Anggaran yakni Pak Sekda baru 5 September pulang haji. Setelahnya akan bisa dicairkan,” kata Yusron.

Data BPKPD Pemkot Surabaya menyatakan jumlah PNS dilingkungan Pemkot Surabaya sekitar 14 ribu orang. Dengan total anggaran untuk pembayaraan gaji ke 13 sebesar Rp 58 milyard. (q cox)

Berikut cuplikan rekaman videonya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *