Pemerintahan

Di Momen HJKS ke 728, Wali Kota Eri Cahyadi Teken MoU dengan 15 Stake Holder

10
×

Di Momen HJKS ke 728, Wali Kota Eri Cahyadi Teken MoU dengan 15 Stake Holder

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Di momen peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke 728, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi melakukan MoU (Memorandum of Understanding) penandatanganan kerjasama dengan 15 mitra kerja atau stake holder. Melalui kerjasama ini, diharapkan dapat semakin meningkatkan pelayanan serta kesejahteraan warga Kota Surabaya.

Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, bahwa salah satu esensi dari kerjasama ini adalah bagaimana mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Pahlawan. Termasuk pula dalam upaya pendampingan serta membantu pemasarannya.

“Jadi kita mengembangkan UMKM. Ada pendampingan dan pemasaran UMKM. Nanti semuanya akan membantu mengumpulkan, meningkatkan kemampuan UMKM, termasuk dengan pemasarannya,” kata Wali Kota Eri Cahyadi di Taman Surya Balai Kota Surabaya, Senin (31/5/2021).

Menurutnya, dalam masa pandemi ini seluruh kegiatan dibatasi. Termasuk pula dalam proses pemasaran produk UMKM. Maka dari itu, pemasaran secara online menjadi salah satu opsi yang dapat dilakukan. Terlebih, pangsa pasar melalui online dapat menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia, bahkan mancanegara.

“Karena bagaimanapun dalam masa pandemi ini, maka kekuatan secara onlinelah, siapa yang bisa bergerak secara online itu yang akan semakin kuat. Karena pemasarannya tidak hanya dalam kota, tapi bisa ke luar kota,” papar dia.

Wali kota asli kelahiran Surabaya inipun bersyukur. Pasalnya, para stakeholder di Kota Surabaya sangat mendukung dan antusias menjalin kerjasama dengan pemkot. Bahkan, beberapa di antaranya merupakan perguruan tinggi di Surabaya.

“Alhamdulillah semua sudah masuk ke Kota Surabaya untuk membantu bagaimana pergerakan UMKMnya di Surabaya. Bahkan, ada perguruan tinggi tadi,” jelas dia.

Setidaknya ada 15 stakeholder yang melakukan MoU kerjasama dengan Pemkot Surabaya. Terdiri dari, PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek), PT Grab Teknologi Indonesia, PT Tokopedia, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk, Universitas Wijaya Putra, Universitas Ciputra, dan Universitas 17 Agustus.

Selain itu, ada pula Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya, Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya, PT H.M Sampoerna, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk, Universitas Negeri Surabaya, PT MPM Honda, serta Kementerian Agama dan Pengadilan Agama.

Dalam beberapa kesempatan, Wali Kota Eri selalu menyampaikan, bahwa keberhasilan dalam membangun sebuah kota itu adalah ketika seluruh stakeholder sudah menjadi bagian dari pembangunan. “Insya allah kota itu akan berhasil. Dan pemimpin yang berhasil itu adalah ketika semua pemimpin dan stakeholder di Kota Surabaya menjadi satu bagian,” ujarnya.

Apalagi, kata dia, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri tanpa melibatkan stakeholder dan instansi terkait. Namun, ketika semua telah menjadi bagian dengan gotong-royong, Wali Kota Eri yakin, pembangunan di Surabaya dapat terus berjalan.

“Insya allah kita bisa bersama. Karena inilah kekuatan Surabaya, kekuatan gotong-royongnya. Ini yang menunjukkan Surabaya berbeda dengan yang lainnya,” pungkasnya. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *