Diikuti 12 Peserta, Lomba Inovasi Desa se Kabupaten Tanbu Masuk Tahap Penilaian

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Lomba Inovasi Desa Se Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) sudah masuk tahap penilaian melalui Tim penilai. Tim Penilai terdiri dari TP PKK Kabupaten, Bappeda, Dinkes, Dinsos, Disdikbud, Dinas PUPR, Diskominfo, Dinas PMD, DKBP3A, dan Dinas Ketahanan Pangan.

Penilaian terhadap terhadap 12 Desa di 12 Kecamatan se- Kab.Tanah Bumbu itu dilakukan mulai 25 Oktober sampai 1 November 2021.

Sebelum turun langsung ke desa-desa, Tim Penilai Lomba Inovasi Desa terlebih dulu menerima data desa yang telah diusulkan 12 Kecamatan untuk mengikuti lomba Inovasi Desa dalam rangka percepatan pencegahan stunting di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Tim turun langsung kelapangan untuk melihat kesesuaian fakta dilapangan dengan data yang disajikan,” sebut Susi Marliana Dewi, SE, salah satu anggota Tim Penilai Lomba Inovasi Desa.

Setelah penilaian ini, sambung Susi, Tim akan melakukan rapat untuk menentukan desa yang memenuhi kriteria untuk menjadi pemenang lomba.

Sedangkan untuk pengumuman pemenang lomba rencananya akan diumumkan pada 12 Nopember 2021 bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional.

Lomba Inovasi Desa digelar bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui percepatan penanganan stunting dari hulu hingga hilir.

“Artinya penanganan stunting itu dimulai dari anak remaja putri yang siap menikah, ibu hamil, dan balita sehat menuju indonesia bebas anak stunting,” ucap Susi, seraya mengatakan saat ini penanganan dan percepatan penurunan angka stunting menjadi fokus perhatian Pemerintah Indonesia.

Adapun 12 Desa yang mengikuti Lomba Inovasi Desa dalam rangka percepatan pencegahan stunting yakni Desa Pandan Sari Kecamatan Karang Bintang, Desa Sidomulyo Kecamatan Mantewe, Desa Darasan Binjai Kecamatan Teluk Kepayang, Desa Kuranji Kecamatan Kuranji, Desa Dwi Marga Utama Kecamatan Sungai Loban, dan Desa Binawara Kecamatan Kusan Hulu.

Berikutnya, Desa Al-Kautsar Kecamatan Satui, Desa Banjarsari Kecamatan Angsana, Desa Segumbang Kecamatan Batulicin, Desa Mekar Sari Kecamatan Simpang Empat, Desa Salimuran Kecamatan Kusan Tengah, dan Desa Muara Pagatan Kecamatan Kusan Hilir. (q cox, Imran )

Reply