Pemerintahan

Dispendik Surabaya Bagikan Seragam Sekolah Gratis Siswa Gamis Kelas I dan VII

38
×

Dispendik Surabaya Bagikan Seragam Sekolah Gratis Siswa Gamis Kelas I dan VII

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya bakal kembali mendistribusikan seragam sekolah gratis bagi pelajar jenjang SD-SMP negeri dan swasta dari keluarga miskin (gamis). Pendistribusian akan dilakukan bertahap dan diutamakan siswa kelas I SD serta VII SMP yang mulai masuk tahun ajaran baru 2023/2024.

“Kita utamakan dulu yang kelas I SD dan kelas VII SMP. Nanti diberikan secara bertahap seragam dan perlengkapan sekolah,” kata Kepala Dispendik Kota Surabaya, Yusuf Masruh, Jumat (28/7/2023).

Yusuf menjelaskan, pelajar dari keluarga miskin dan pra miskin di Surabaya ini akan mendapatkan seragam sekolah beserta kelengkapannya. Seperti di antaranya setelan baju merah putih bagi siswa SD. Juga, seragam biru putih bagi siswa SMP.

“Kemudian juga mereka dapat seragam pramuka dan seragam olahraga beserta kelengkapannya. Termasuk juga mereka mendapatkan sepatu dan tas,” ujarnya.

Menurut dia, siswa yang mendapat seragam sekolah gratis beserta perlengkapannya ini berasal dari keluarga miskin dan pra miskin. Baik itu siswa yang mengenyam pendidikan pada lembaga SD-SMP negeri maupun swasta.

“Jadi bantuan seragam gratis ini diberikan untuk siswa gamis dan pra gamis, baik dari sekolah negeri, swasta termasuk MI (Madrasah Ibtidaiyah),” katanya.

Ia juga menjabarkan, setidaknya ada sekitar 4 ribu siswa SD negeri dan swasta sederajat yang akan menerima seragam gratis. Sedangkan untuk jenjang SMP negeri dan swasta sederajat, jumlahnya sekitar 7 ribu. Seluruh penerima bantuan seragam gratis tersebut berasal dari keluarga pra miskin dan miskin.

“SD/MI itu kisarannya 4000, yang SMP/MTs 7000. Nanti ini sudah proses, sekolah sudah di SIPLah (Kemendikbud Ristek) untuk pembelian,” bebernya.

Yusuf berharap, bantuan seragam sekolah gratis bagi para siswa ini dapat mendorong mereka untuk tidak minder ketika berkumpul dengan rekan-rekannya. Demikian pula mereka juga diharapkan agar lebih giat dalam mengenyam pendidikan sekolah. “Jadi bantuan seragam sekolah gratis ini, supaya tidak membebani orang tua mereka. Jadi, siswa tinggal masuk dan belajar ke sekolah,” pungkasnya. (Q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *