DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan Studi Banding soal Pasar Modern dan UMKM ke Pemkab Tanbu

BATULICIN (Suarapubliknews) – Kabupaten Tanah Bumbu mendapatkan kunjungan kerja (Kunker) dari DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HST) Kalimantan Selatan. Kunker ini dalam rangka studi banding sekaligus belajar terkait pengelolaan pasar modern serta pembinaan UMKM di Tanah Bumbu.

Rombongan komisi II DPRD HST tersebut disambut Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan H.Rahmad Pradopo serta Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan Dan Perindustrian (DKUMP2) Kabupaten Tanah Bumbu, H.Deni Heriyanto bersama jajarannya, Selasa (12/07/2022) di ruang rapat Bupati.

Disampaikan Rahmat Pradopo, terkait digitalisasi Tanah Bumbu sudah mengunakan E pasar, kemudian tentang pasar modern yang tersebar di beberapa kecamatan, sepertinya tidak terlalu berdampak bagi kios kios masyarakat dibawahnya. Kerena ada batasan waktu dan jam tertentu.

“Dan tentu tidak menjadi satu kompetisi bagi kios kios maupun pasar modern. Kemudian ada beberapa BUMDES Mart yang kami miliki,yakni pola seperti Indomaret maupun Alfamart. Jadi Mart yang menyerupai Pasar moder saat ini merupakan tanggung jawab BUmdes di desa kami.,” ucapnya.

Terkait UMKM,disini juga banyak yang dikelola oleh pihak swasta dan pembinaan nya di bantu oleh pihak DKUMP2 Tanbu.

“Untuk memperkuat itu kami disini sudah mempunyai rumah kemasan. Dimana rumah kemasan itu akan menjadikan produk UMKM memiliki nilai. Selain UMKM, kita juga mendorong ekonomi kreatif yang indentik biasa di wilayah pariwisata tapi tidak harus kebutuhan pariwisata,” ucapnya. (q cox, Imran)

Reply