Dukung Migrasi TV Analog ke Digital, Pemkot Surabaya Bantu Percepatan Pembagian 10 Ribu STB Gratis

SURABAYA (Suarapubliknews) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya membagikan 10.000 Set Top Box (STB) gratis kepada masyarakat. Bantuan ini sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat untuk migrasi dari TV analog ke digital. STB yang berfungsi mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara ini berasal dari Corporate Social Responsibility (CSR) Trans Media Group.

Kegiatan penyaluran STB tersebut, dipusatkan di Kantor Kecamatan Tambaksari Surabaya pada Rabu (12/10/2022) malam. Penyaluran juga serentak diikuti melalui daring oleh masyarakat penerima di 59 kelurahan dari 12 wilayah kecamatan Surabaya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), M Fikser mewakili Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, secara simbolis menyerahkan langsung STB kepada delapan perwakilan warga penerima di wilayah Kecamatan Tambaksari.

Dalam sambutannya, Kadiskominfo Surabaya, M Fikser menyampaikan bahwa begitu ada bantuan STB, Wali Kota Eri Cahyadi langsung memerintahkan jajarannya untuk segera dibagikan. Ini diharapkan supaya warga bisa segera menikmati layanan TV digital.

“Karena berdasarkan UU No 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, pada tanggal 2 November 2022 siaran TV analog migrasi ke digital. Secara serentak STB ini juga dibagikan ke warga di 59 kelurahan dari 12 kecamatan Surabaya,” kata M Fikser.

Ia mengungkapkan, bahwa data penerima 10 ribu STB di Surabaya berasal dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang diteruskan ke Trans Media Group. Selanjutnya dari Trans Media Group, data By Name By Address (BNBA) warga penerima ini diserahkan ke Pemkot Surabaya.

“Jadi begitu kita dapat data tersebut, kita langsung distribusikannya kepada para lurah untuk diteruskan ke masing-masing warganya,” ungkap dia.

Mantan Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya ini menyatakan, pihaknya juga siap memfasilitasi warga apabila STB yang diterima itu dalam kondisi rusak. Jika STB yang diterima rusak, warga bisa mengembalikannya ke masing-masing kelurahan.

“Dari kelurahan nanti diteruskan ke Diskominfo Surabaya dan selanjutnya kita yang akan koordinasikan dengan Trans Media Group agar STB yang rusak itu dapat diganti,” jelasnya.

Mewakili Pemkot Surabaya, Fikser juga menyampaikan terima kasih atas bantuan STB yang diberikan kepada warga Kota Pahlawan. Pihaknya memastikan, akan melakukan hal yang sama apabila ke depan ada pembagian lagi STB.

“Kalau ada lagi bantuan STB, kita akan lakukan hal yang sama, kita distribusikan langsung ke warga. Dengan proses pembagian STB ini, Pak Wali Kota berharap warga bisa menikmati layanan TV digital,” terangnya.

Di tempat yang sama, Operation Session Head Trans TV, Dedi Prastowo menyampaikan, bahwa pihaknya mendapatkan amar dari pemerintah pusat untuk membagikan STB ke masyarakat kurang mampu di seluruh Indonesia.

“Di Kota Surabaya sendiri STB dibagikan kepada 10 ribu warga di 59 kelurahan dari 12 kecamatan. Untuk data warga penerima ini berasal dari Kominfo atau pemerintah pusat,” kata Dedi.

Tak lupa, pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Eri Cahyadi karena telah membantu proses percepatan pembagian STB. Bahkan, kata dia, wali kota langsung menginstruksikan jajarannya ketika ada rencana pembagian STB ke warga.

“Kami sebelumnya sudah bertemu dengan Pak Wali Kota terkait rencana pembagian STB. Dan ternyata di luar ekspektasi kami, Pak Wali Kota langsung minta agar pembagian ini dilakukan secepatnya,” pungkasnya. (q cox)

Reply