Dukung Timnas Indonesia Berlaga di Surabaya Tak Lengkap Jika Belum Beli Oleh-oleh ke SKG Reborn

SURABAYA (Suarapubliknews) – Gelaran kualifikasi Piala AFC U-20 Tahun 2023 berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Kota Surabaya. Dalam laga yang berlangsung mulai tanggal 14-18 September 2022 itu, Timnas Indonesia akan bertanding dengan tiga negara lain untuk memperebutkan tiket melaju ke Piala AFC U-20 Tahun 2023 di Uzbekistan.

Nah, bagi warga luar kota yang berkunjung ke Surabaya untuk mendukung Garuda Muda Indonesia berlaga, tentu tidak lengkap rasanya jika belum mampir membeli oleh-oleh ke sejumlah destinasi di Kota Pahlawan.

Sejumlah tempat pun dapat dijadikan rekomendasi wisatawan. Baik untuk sekadar membeli oleh-oleh, maupun menikmati sajian kuliner produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Surabaya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) Kota Surabaya, Risdiana Kusumawati mengungkapkan sejumlah rekomendasi tempat tersebut. Di antaranya adalah Surabaya Kriya Gallery (SKG) Reborn MERR di Jalan Dr Ir H Soekarno No II, Middle East Ring Road (MERR) dan SKG Reborn di Gedung Siola lantai I, Jalan Tunjungan Surabaya.

“Salah satu tempat yang recommended untuk mencari oleh-oleh khas Surabaya adalah SKG Reborn Merr dan SKG Siola,” kata Risdiana Kusumawati, Kamis (15/9/2022).

Kedua SKG itu, kata dia, menyediakan aneka jajanan kue kering, kain batik, tas, souvenir, hingga pernak-pernik karya UMKM Surabaya. Risdiana memastikan, bahwa produk-produk hasil buatan UMKM yang tersedia di SKG Reborn, tidak kalah dengan kualitas buatan pabrik.

“Karena itu SKG sangat recommended apabila dijadikan jujukan wisatawan untuk membeli oleh-oleh dari Kota Surabaya,” jelas Risdiana.

SKG Reborn ini tak hanya tersedia di MERR dan Siola. Namun, tersedia pula di sejumlah tempat lain di Kota Pahlawan. Di antaranya yakni, di Kebun Binatang Surabaya (KBS) Jalan Setail No 1, RSUD BDH Jalan Kendung No 115 – 117 lantai 1, Sentra Ikan Bulak (SIB), Terminal Joyoboyo lantai II, Jalan Joyoboyo No. 1 Surabaya.

Selain itu, SKG Reborn juga terdapat pula di Park and Ride lantai 2 Jalan Mayjen Sungkono No. 112, UPTSA Timur Jalan Menur No 31 C, Park and Ride Jalan Arif Rahman Hakim No 100 dan Parkir Bus Kawasan Wisata Religi Ampel di Jalan Pegirian.

Sedangkan bagi masyarakat yang khusus ingin menikmati sajian kuliner Surabaya, bisa mendatangi langsung beberapa rekomendasi tempat lain yang tersedia. Sejumlah tempat kuliner ini, seperti misalnya di Tunjungan Romansa serta both-both yang tersedia di Alun-alun Surabaya. Di sana, banyak tersedia aneka sajian kuliner UMKM Surabaya.

“Tunjungan Romansa dan Alun-alun Surabaya juga recommended apabila dijadikan tempat menikmati kuliner. Harganya merakyat, rasanya bintang lima,” ungkap Risdiana.

Di samping Tunjungan Romansa dan Alun-alun Surabaya, tak kalah menarik lagi adalah destinasi Pecinan Kya-kya di Jalan Kembang Jepun. Dengan tampilan baru, destinasi wisata Kya-kya sangat recomended untuk wisatawan yang ingin menikmati kuliner dengan suasana malam Kota Pahlawan.

“Untuk hari Jumat, Sabtu dan Minggu, mulai sore hari tersedia kuliner di Kya-kya Jalan Kembang Jepun. Wisatawan bisa menikmati sajian kuliner UMKM Surabaya di sana,” ujar Risdiana.

Yang tak kalah menarik lagi adalah Floating Market di Wisata Kalimas Surabaya. Wisatawan bisa menikmati sajian kuliner sembari menyusuri Sungai Kalimas menggunakan perahu mulai dari Dermaga Monumen Kapal Selam (Monkasel) hingga Gedung Siola Tunjungan Surabaya.

“Floating market di Sungai Kalimas tersedia mulai dari sore hari. Wisatawan yang ingin menikmati kuliner floating market, bisa dengan menaiki perahu yang tersedia,” pungkas dia. (q cox)

Reply