Emil Dardak Tawarkan MJC Jadi Bagian Gerakan AKAR Digital di Jawa Timur

SIDOARJO (Suarapubliknews) – Pemprov Jatim siap mendukung terhadap Gerakan Akselerasi Karya Rakyat (AKAR) Digital Indonesia yang diinisiasi oleh Lazada Indonesia (Lazada). Bahkan, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menawarkan Milenial Job Center untuk menjadi bagian dari Gerakan AKAR di Provinsi Jawa Timur.

“Di Jatim kami memiliki MJC yang memiliki banyak talenta anak muda dengan berbagai macam skill keterampilan yang selama ini terbukti membantu mendukung keberadaan UMKM di Jatim. Kami akan menyiapkan Tim MJC yang akan berkolaborasi dengan AKAR Digital untuk terus meningkatkan geliat para UMKM di Jawa Timur,” ujarnya saat melakukan kunjungan resmi ke gudang Lazada di Warehouse Lazada Jl. Raya Sedang, Sidoarjo Kamis (24/3).

Wagub Emil mengatakan, di Jatim, para Tim MJC telah banyak dilatih dan didampingi oleh para mentor terampil yang dimotori oleh segmen muda. Mereka biasa disebut generasi millenial untuk menggenjot perekonomian Jatim.

“Kita sudah memiliki 4.000 project di MJC yang membantu para UMKM untuk bisa membantu akses kendala apa saja yang dibutuhkan. Sehingga, langkah para UMKM bisa lebih efektif lagi dalam meningkatkan penjualannya,” ungkapnya.

Menurutnya, MJC memiliki banyak tenaga ahli baik itu fotografi produk, perbaikan packaging, design grafis, digital marketing, konten kreator dengan total talenta hingga saat ini mencapai 1.500 talenta. “Jumlah MJC ini terus akan kita tingkatkan sampai pada 10.000 project,” urai Wagub Emil.

Wagub Emil menyebut, keberadaan MJC sebagai pendukung kinerja UMKM sangat dirasakan besar manfaatnya. Terbukti, para UMKM yang baru memulai bisnisnya di dampingi oleh para mentor yang memiliki pengalaman.

“Maka, hari ini dari Lazada bisa memilih UMKM untuk bisa kita suport dan dukung dengan MJC. Jadi kita akan beri kesempatan dan suport dari talenta dari MJC untuk membantu dengan harapan bisa menjadi bola salju sekaligus memberi efek sehingga membuat orang lebih giat berjualan,” harapnya.

Diakhir sambutannya, Wagub Emil menegaskan bahwa kehadirannya ini menjadi penanda kick off Gerakan AKAR Digital Jatim untuk mendukung seluruh pelaku UMKM agar terus bergerak pada ekonomi digital melalui ekosistem ekonomi digital yang berperan penting sebagai garda terdepan pemulihan ekonomi.

Chief Customer Experience Officer di Lazada Indonesia Ferry Kusnowo menyatakan bahwa AKAR ini menjadi kesempatan bagi Lazada untuk memberikan peluang bagi para UMKM dan wirausahawan tumbuh dan berkembang. Ia mengatakan, AKAR ini menjadi kesempatan bagi Lazada untuk bersama sama semua pihak masuk dalam proses digital ekonomi.

Menurutnya, Jawa Timur menjadi salah satu daerah yang memiliki potensi serta pelaku UMKM yang produktif didukung oleh Kawasan industri industri yang berpusat di Jatim. “Di Jatim, Lazada memiliki gudang penyimpanan atau Ware House seperti ini, memiliki Mitra Kurir dan Lazada Klub yang terus bergerak. Ke depan, kami ingin memberikan kesempatan kepada para UMKM untuk bergabung pada proses digital ekonomi sehingga menjadi profesi dan mata pencahariaan baru bagi masyarakat Jawa Timur,” tutupnya. (Q cox, tama dinie)

Reply