Nasional

Empat Desa Paparkan Profil dan Inovasi untuk Raih Status Juara

16
×

Empat Desa Paparkan Profil dan Inovasi untuk Raih Status Juara

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) menggelar Lomba Desa Tahun 2020. Saat ini, lomba sudah memasuki tahapan paparan calon juara.

Kepala Dinas PMD Tanbu, Nahrul Fajeri, mengatakan kegiatan ini untuk mendengarkan paparan perkembangan pembangunan desa calon juara lomba desa tahun 2020 tingkat Kabupaten Tanah Bumbu.

Sebanyak 4 (empat) desa calon juara memaparkan profil perkembangan desa yaitu Desa Pandan Sari Kecamatan Karang Bintang, Desa Karang Indah Kecamatan Angsana, Desa Rejo Sari Kecamatan Mantewe, dan Desa Ringkit Kecamatan Kuranji.

“Masing-masing desa diberikan durasi 20 menit memaparkan profil dan inovasi desa. Kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dengan tim penilai,” sebut Nahrul pada saat memimpin paparan calon juara lomba desa tingkat Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2020 bertempat di ruang rapat Dinas PMD di Batulicin, Kamis (02/07/2020) pagi.

Pada paparan kali ini, ujar Narhul pihaknya melibatkan Tim Evaluasi Perkembangan Desa yang menjadi tim penilai lomba terdiri dari Dinas PMD, TP PKK, BPBD, Dinas Satpol PP dan Damkar, Diskominfo, Dinas Kesehatan, dan Bagian Pemerintahan.

Ia menambahkan paparan yang disampaikan Kepala Desa, TP PKK Desa, BPD, dan Camat dari Desa calon juara lomba desa ini penting untuk menentukan desa yang nantinya terpilih menjadi juara dan mewakili Tanah Bumbu pada lomba tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Setelah paparan, tahapan selanjutnya yaitu penilaian, dan terakhir adalah pengumuman juara. Juara lomba desa tingkat kabupaten tahun 2020 akan diikut sertakan pada lomba desa tingkat provinsi tahun 2021.

Sementara itu, Kabid Penyelenggaran Pemerintah Desa DPMD Tanbu, Ichsan Shirazi, mengatakan lomba ini digelar untuk melihat keberhasilan perkembangan desa dan kelurahan yang ada di Tanbu.

Adapun tahapan lomba desa dimulai pada Maret 2020 dengan tahapan penilaian adminsitrasi dan dilanjutkan dengan klarifikasi lapangan.

Kemudian dilanjutkan dengan tahapan paparan calon juara lomba desa, rapat pleno penetapan juara, dan tahapan terakhir adalah pengumuman juara. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *