Bisnis

Gandeng Mandiri Sekuritas, Pelindo III Jajaki Peluang Pendanaan Pasar Modal Global

23
×

Gandeng Mandiri Sekuritas, Pelindo III Jajaki Peluang Pendanaan Pasar Modal Global

Sebarkan artikel ini

JAKARTA (Suarapubliknews.net) – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) bekerja sama dengan PT Mandiri Sekuritas menjajaki peluang pendanaan dari pasar modal global pada tahun 2018. Operator pelabuhan pelat merah tersebut mempertimbangkan untuk menggalang pendanaan sampai dengan USD 1 miliar di pasar modal untuk mendanai kegiatan ekspansi perusahaan.

Direktur Utama Pelindo III IG.N. Askhara Danadiputra menegaskan pihaknya mempercayakan Mandiri Sekuritas untuk melakukan eksplorasi bentuk pendanaan yang tepat bagi Pelindo III.

“Ini sebagai bentuk keberanian dan kepercayaan kami untuk menunjuk perusahaan lokal (Badan Usaha Milik Negara) untuk menangani penggalangan dana global yang kami butuhkan. Ini adalah sinergi BUMN pertama antara Pelindo III dan Mandiri Sekuritas untuk menggalang dana dari pasar modal global,” katanya, Kamis (14/12).

Ari menjelaskan, pihaknya terus memantau perkembangan pasar modal global untuk menentukan waktu penggalangan dana yang tepat baik dalam mata uang asing maupun rupiah.

Pelindo III memasuki pasar global dengan menerbitkan Obligasi Internasional pada 1 Oktober 2014 senilai USD 500 Juta untuk tenor 10 tahun dengan kupon 4,875%. Rating kredit korporasi jangka panjang Pelindo III ialah BBB-, menurut Standard & Poors, BBB- menurut Fitch, dan Baa3 menurut Moody’s. Kemudian di tahun 2016, Pelindo III mendapatkan rating AA+ dari Pefindo.

Dalam beberapa tahun ke depan, Pelindo III berencana mengembangkan 11 proyek strategis diantaranya Pembangunan kawasan ekonomi terintegrasi Java Integrated Industrial & Port Estate di Gresik dan Pembangunan Terminal Kalibaru di Pelabuhan Tanjung Emas yang terintegrasi dengan kawasan industri di Semarang.

“Pelindo III mendukung program pemerintah dalam penyediaan pasokan listrik, dengan membangun Terminal LNG di Pelabuhan Benoa Bali dan PLTMG di Terminal Teluk Lamong serta mendukung target pemerintah untuk mendatangkan kunjungan 20 juta wisatawan, dengan membangun terminal penumpang kapal pesiar dan kompleks marina bertaraf internasional di Bali dan Banyuwangi,” lanjut Ari.

Sampai dengan Oktober 2017, Pelindo III membukukan pendapatan Rp 7,09 triliun lebih atau tumbuh sekitar 16% dari periode yang sama di tahun sebelumnya Rp 6,12 triliun. Kemudian untuk laba tahun berjalan sampai dengan Oktober 2017, Pelindo III membukukan laba sebesar Rp 1,67 triliun. (q cox, Dn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *