Pemerintahan

Gelar Surabaya Race 2021 di Sirkuit GBT, Pemkot Jadikan Agenda Tahunan

10
×

Gelar Surabaya Race 2021 di Sirkuit GBT, Pemkot Jadikan Agenda Tahunan

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Surapubliknews) – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meresmikan ajang balap sepeda yang bertajuk Surabaya Race 2021 di sirkuit Gelora Bung Tomo (GBT), Sabtu (11/12/2021) pagi. Dalam peresmian itu, Wali Kota Eri didampingi oleh jajaran Kepala OPD Pemerintah Kota (Pemkot) dan Forkopimda Kota Surabaya. 

Pada kesempatan itu, Wali Kota Eri mengatakan bahwa Surabaya Race 2021 ini merupakan lomba balap sepeda yang pertama kali digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Rencananya, lomba balap sepeda yang digelar di GBT ini akan dijadikan agenda tahunan seperti halnya Tunjungan Romansa yang ditetapkan sebagai kawasan wisata.  

“Alhamdulillah, pesertanya ada 500 orang, semoga acara ini bisa menjadi agenda tahunan dari Pemkot Surabaya. Iku tandane, akeh sing seneng sepedaan (itu tandanya banyak yang suka bersepeda),” kata Wali Kota Eri.

Seiring dibukanya Surabaya Race 2021, Wali Kota Eri berencana menata ulang sarana dan prasarana GBT, agar nantinya warga Surabaya bisa lebih nyaman menikmati berbagai fasilitas cabang olahraga di stadion terbesar di Kota Surabaya tersebut.  

“Karena GBT ini bukan hanya untuk balapan sepeda, akan tetapi ada juga balap motor, mobil, sepatu roda, sepak bola, basket dan masih banyak lainya. Maka dari itu mari kita jaga GBT ini agar kita semakin nyaman saat berolahraga,” ujar Wali Kota Eri.  

Perlombaan ini, bukan hanya diikuti oleh peserta dari Surabaya, namun ada juga peserta dari wilayah kota/kabupaten lain. Oleh karena itu, dia yakin dan memberi semangat kepada para peserta lomba, dengan adanya lomba ini diharapkan bisa mempersatukan masyarakat dari berbagai wilayah di Kota Surabaya.

“Jadi, kalau pengen nyaman berolahraga, ya di Gelora Bung Tomo. Selamat berjuang dan semoga sukses bagi para peserta, tunjukkan bahwa arek-arek Suroboyo dan dari wilayah lainnya bisa menjaga sportivitas. Kita tunjukkan, olahraga bisa jadi pemersatu kita semua,” tuturnya.  

Usai memberikan sambutan, Wali Kota Eri bersama jajaran Forkopimda Surabaya dengan para peserta lomba Surabaya Race 2021, sempat menjajal sirkuit dengan menggunakan sepeda keliling satu putaran. 

Lomba balap sepeda Surabaya Race 2021 ini, dibagi menjadi 12 kategori putra dan putri. Di antaranya, kategori Men – Women usia 13 – 14 tahun, Men – Women usia 15 – 16 tahun, Men – Women usia 17 – 18 tahun, Men – Women usia 19 tahun, Master A usia 30 – 40 tahun, Master B usia 41 – 50, Master C usia 51 ke atas dan Executive 45 tahun ke atas. 

Wali Kota Surabaya yang akrab disapa Cak Eri itu berharap, dengan adanya lomba ini kedepannya bisa meningkatkan potensi atlet balap sepeda Kota Pahlawan. “Diharapkan para atlet di Surabaya bisa memanfaatkan GBT untuk mengembangkan potensinya. Bukan hanya atlet balap sepeda, tapi juga untuk atlet-atlet lainnya,” harapnya.  

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Kota Surabaya, M. Afghani Wardhana mengatakan, event Surabaya Race 2021 ini digelar dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan dan menggelorakan semangat olahraga di Kota Surabaya.  

“Lomba ini diikuti dari berbagai wilayah di Indonesia. Diantaranya, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan dan Bali. Ini momentum yang luar biasa bagi para atlet Tanah Air, sehingga bisa dijadikan untuk meningkatkan prestasi atlet di Indonesia,” kata Afghani.  

Lomba ini digelar selama dua hari, pada tanggal 11 – 12 Desember 2021. Senada dengan Wali Kota Surabaya, Afghani berharap para peserta atlet balap sepeda Surabaya Race 2021 kali ini, dapat menjunjung tinggi sportivitas.  

“Semoga para atlet dapat menjunjung tinggi sportivitas dan Fastabiqul Khoirot, itu yang paling penting. Terima kasih juga atas supportnya kepada para jajaran Kepala OPD, Pelindo, Citraland, dan Bank Jatim. Salam olahraga!,” pungkasnya. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *