Genjot PAD Pemkab Tanbu Tandatangani Kerjasama Optimalisasi Pemungutan Pajak Pusat dan Daerah

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melakukan penandatanganan kerjasama (PKS) terkait Optimalisasi Pemungutan Pajak Pusat dan Pajak Daerah antara DJP, DJPK tahap III.

Penandatanganan PKS ini digelar di Aula Nagara Dana Rakca, Gedung Radius Prawiro DJPK, Jakarta secara virtual terhubung ke masing masing daerah.

Kabupaten Tanah Bumbu satu dari 85 Pemerintah Daerah yang melakukan penandatanganan secara virtual melalui Staf Ahli Bupati Tanbu Andi Aminuddin di Ruang DLR , Rabu (21/04/2021) Kantor Bupati

Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu, Astera Primanto Bhakti mengatakan.Kegiatan ini bertujuan dalam rangka optimalisasi penerimaan pajak pusat dan pajak daerah dan mendukung program pemerintah dalam upaya pencegahan korupsi.

“Dalam melaksanakan perjanjian kerjasama ini kita satukan komitmen saling mendukung baik Direktorat Jenderal Pajak dan Pemerintah Daerah “jelasnya.

Dia menambahkan, bahwa kerjasama telah dimulai sejak tahun 2019, dimana hanya beberapa Pemerintah Daerah yang telah bekerjasama.

Sementara, Dirjen Pajak Kemenkeu, Suryo Utomo menyampaikan bahwa sebagian pajak pusat berasal dari pajak daerah.

Menurutnya ,mengumpulkan penerimaan negara tidak dapat dilakukan secara sendiri, maka kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah diperlukan.

“Diharapkan nilai tambah yang dihasilkan dapat dirasakan dalam waktu yang tidak lama,” tutupnya. (q cox, Imran)

Reply