Germas PKK Tanah Bumbu Libatkan Semua Jajaran

BATULICIN (suarapubliknews) – TP-PKK Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) mengadakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Kecamatan Batulicin, yang dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Ketua GOW, Ketua DWP, Ketua Persit, Kejaksaan Negeri Tanah Bumbu dan 5 TP PKK kecamatan, Damkar Tanbu dan SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu beserta tamu undangan. Rabu (14/12/2022)

Kegiatan dimulai dengan senam pagi bersama di halaman Gedung TP PKK Kapet Desa Sarigadung Kecamatan Simpang Empat, terlihat juga lapak sayur yang disediakan secara gratis hingga lengkap dengan fasilitas pemeriksaan kesehatan yang didampingi oleh pihak Dinas Kesehatan Tanah Bumbu.

Ketua Tim Pelaksana Kegiatan sekaligus Ketua Pokja 4 dari Pihak Dinkes Tanbu, Eli Irawati menyampaikan, bahwa Germas merupakan program TP PKK Tanah Bumbu untuk mendukung Pemerintah Daerah dalam menunjang kehidupan sehat masyarakat.

Kegiatan ini diikuti lintas sektor terkait yang merupakan program salah satu unggulan TP PKK Tanbu adalah keluarga sehat, tanggap dan tangguh bencana.

dr Deky Atmadja turut menerangkan, salah satu program Germas adalah cek kesehatan masyarakat, minimal seluruh kalangan masyarakat harus memeriksakan kesehatan dirinya satu tahun sekali, bisa dilakukan di Posbindu PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) desa dengan mengikuti wawanca kesehatan jiwa, wawancara kesehatan riwayat penyakit dan cek kesehatan lainnya, kemudian berkonseling. Pos fasilitas kesehatan di desa-desa tersebut secara cuma-cuma/gratis.

“Bagaimana mengubah paradigma di masyarakat, bukan paradigma sakit baru memeriksakan diri, akan tetapi paradigma sehat yang meski tidak merasakan sakit namun tetap memeriksakan kesehatannya,” kata Deky.

Ketua TP PKK Kab Tanbu, Hj Wahyu Windarti Zairullah mengungkapkan, kegiatan TP PKK dalam rangka pelaksanaan Germas, kita menjadi contoh untuk masyarakat dalam hidup sehat.

“Untuk bisa hidup sehat terutama perhatikan sanitasi, air yang kita konsumsi harus bersih, makanan yang bergizi agar kita sehat juga anak-anak kita sehat dan bisa tumbuh dengan baik, hari ini juga kita adakan tanggap bencana, meski kita perempuan harus selalu tanggap bencana, apalagi sekarang banyak terjadi bencana, kita adakan Demo Penanganan Kebakaran dari Dinas Satpol PP dan Damkar Tanah Bumbu,” pungkasnya. (q cox, Imran)

Reply