Peristiwa

Gitabumi Shine Voices Siap Berjuang Di Ajang World Choir Games 2023 Di Korea Selatan

38
×

Gitabumi Shine Voices Siap Berjuang Di Ajang World Choir Games 2023 Di Korea Selatan

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) ~ Setelah sempat tertunda 1 tahun karena Pandemi Covid-19, Korea memiliki agenda tahunan yang khusus diperuntukkan untuk talenta berbakat di bidang tarik suara. World Choir Games 2023, sebuah ajang kompetisi paduan suara bertaraf International dan terbesar di dunia dengan slogannya “Singing together brings nation together”.

Di setiap dua tahunan event ini berlangsung tanpa melihat suku, negara asal peserta, maupun genre musik yang dibawakan oleh setiap peserta. Grup paduan suara Gitabumi Shine Voices sedang berjuang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional lewat kompetisi World Choir Games 2023 di Gangneung, Korea Selatan, untuk kategori Jazz dan Pop Choir.

Digelar di Gangneung, kota terbesar kedua di Korea Selatan setelah Busan, pada Juli 2023, Gitabumi Shine Voices akan mewujudkan mimpi mereka untuk menjuarai World Choir Games Gangneung 2023 dengan melantunkan lagu “Indonesia Raya” di kompetisi tersebut dan bertekad mengharumkan nama bangsa di event Internasional tersebut.

Konduktor Shine Harmony Bayu mengatakan Gitabumi Shine Voices merupakan gabungan dari dua grup paduan suara yang dibentuk untuk mengikuti World Choir Games Gangneung 2023 Korea Selatan. Dua grup yang dimaksud adalah Gitabumi Voices yang berdiri sejak tahun 2014 dan Shine Harmony Choir yang dibentuk pada 2015 silam, dimana kedua nya telah mendapatkan begitu banyak prestasi di bidang paduan suara.

“Butuh waktu setidaknya delapan bulan bagi Gitabumi Shine Voices untuk mempersiapkan segala hal mulai dari audisi pada September 2022, latihan, praktik, konser pra-kompetisi, hingga akhirnya terbang ke Korea Selatan pada Jumat, 7 Juli 2023 untuk berkompetisi di Gangneung.Satu bulan jelang keberangkatan ke Korea Selatan, Kami menggelar konser pre-kompetisi bertajuk ‘Glory of Love’ di Surabaya, Jawa Timur. Konser ini adalah simulasi kami untuk menuju World Choir Game 2023 di Gangneung, Korea Selatan,” katanya.

Prestasi terbaru dari Shine Harmony adalah menjuarai kompetisi 10th International Brawijaya Choir Festival 2022 untuk kategori Virtual Choir. Pun demikian dengan Shine Harmony juga meperoleh banyak penghargaan di kategori paduan suara anak-anak, seperti pada 2019 di mana mereka mendapatkan medali emas di Karangturi International Choir Competition. Lalu pada tahun 2020, grup ini juga mendapatkan medali emas di 2nd World Virtual Choir 2020 by Bandung Choral Society untuk kategori Children Choir and Pop Jazz.

Dan persiapan matang pun telah dilakukan untuk mempersiapkan mental serta teknik vokal para peserta selama 7 hari di ASTON inn Jemursari dengan berlatih dari pagi hingga malam hari sesuai porsi yang diberikan oleh coach vocal dengan tujuan menyelaraskan nada, irama hingga gerakan di kompetisi tersebut.

Dimana salah satu putri pemilik ASTON inn Jemursari, Janeta Kirana Wibowo, yang merupakan salah satu anak didik di SDN Pucang 1 Sidoarjo juga turut serta membawa misi mengharumkan nama bangsa di kancah Internasional. (q cok, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *