Gubernur Khofifah Ajak Pelaku Ekonomi Promosikan Sport Tourism di Jatim

LUMAJANG (Suarapubliknews) – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengajak seluruh pelaku ekonomi kreatif khususnya pariwisata  serta  masyarakat  pada umumnya untuk turut gencar mempromosikan Sport Tourism atau wisata olahraga yang ada di berbagai daerah di  Jawa Timur khususnya di Kabupaten Lumajang.

Ajakan tersebut disampaikan Gubernur Khofifah seusai meninjau langsung lokasi Start Paralayang Porprov Jatim VII yang berada di kawasan Gunung Wayang Sumberwuluh Kab. Lumajang, Senin (27/6).

Melalui promosi tersebut, Gubernur Khofifah berharap Sport Tourism Jatim tidak hanya terkenal di tanah air, namun juga meluas hingga mancanegara. Bukan tanpa alasan, karena menurutnya potensi  ini sangat menarik dan menjual. “Bagaimana kita semua sama-sama ikut promote agar datang ke Lumajang. Ini menjadi salah satu destinasi  Sport Tourism yang keren,” ungkapnya.

Didampingi Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Gubernur Khofifah meninjau Venue cabor  Paralayang yang berada di ketinggian +/- 950 meter di atas permukaan laut. Dimana, sebanyak 17 Medali akan diperebutkan dalam cabang olahraga Paralayang pada gelaran Porprov Jatim VII Tahun 2022 ini.

Setibanya di lokasi pemberangkatan cavang  olah raga Paralayang, Gubernur Khofifah tidak henti mengucapkan rasa takjub atas keindahan yang disuguhkan oleh puncak Gunung Wayang. Kondisi cuaca yang sedikit mendung tidak mengurangi visual akan keindahan lereng Gunung Semeru dan garis pantai pesisir selatan di Kabupaten Lumajang.

“Di seputaran titik start Paralayang di Lumajang ini, saya rasa di tempat lain tidak akan mudah untuk dapat view pantai selatan  sekaligus gunung Semeru. Semeru sendiri sangat eksotis sementara pantai selatan menyimpan legenda luar biasa ” tuturnya.

Keindahan alam yang dimiliki Lumajang tersebut, Gubernur Khofifah menyatakan optimismenya tentang potensi untuk menjadi Sport Tourism yang Go Internasional. Terlebih lagi, terdapat beberapa titik  venue olah raga lainnya, seperti sepatu roda dan BMX  yang sudah sudah International Standard.

“Jadi tinggal membangun akses jejaring supaya event-event internasional bisa ditempatkan di Lumajang. Venue  paralayang gunung Wayang Ini akan memberikan referensi baru bagi atlet paralayang di seluruh Indonesia dan seluruh dunia,” ucapnya optimis.

Sementara itu, soal pengembangan akses menuju wilayah tersebut, Gubernur Khofifah menyatakan komitmen Pemprov bersama Pemda setempat untuk terus berbenah.  Semoga Jalur lingkar selatan dapat dikebut sehingga akses selatan Lumajang terkoneksi dengan lebih cepat dan lebih mudah. “Untuk akses,  kita berharap Jalur Lingkar Selatan dapat dikebut serta  tol Probowangi dapat di percepat sehingga  akses ke Lumajang bisa dilakukan dari berbagai lini,” pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur Khofifah juga turut meninjau lokasi pendaratan Paralayang di kawasan Gunung Wayang. Di sana, Gubernur Khofifah menyapa dan memberi semangat para atlet Paralayang dari berbagai daerah yang tengah bersiap-siap.

Tidak hanya para atlet, para official atau staf Porprov Jatim VII juga tidak luput dari perhatian Gubernur Khofifah. Yang menarik, terdapat salah satu official cilik bernama Izam yang turut memeriahkan gelaran Porprov VII Tahun 2022.

Izam, yang masih di bangku sekolah dasar, tercatat sebagai official termuda di bagian perlengkapan. Dengan membawa tas berisi parasut, Izam penuh semangat menjelaskan tugas yang diembannya kepada Gubernur Khofifah. “Semoga sukses selalu ya, nak. Semoga bisa menjadi atlet paralayang dunia,” pungkas Gubernur Khofifah kepada Izam. (Q cox, tama dini)

Reply