Gubernur Khofifah Festival Rujak Uleg 2022, Ajang Kebangkitan Perekonomian Rakyat Surabaya

SURABAYA (Suarapubliknews) – Festival Rujak Uleg 2022 yang diselenggarakan dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Surabaya ke-729 diharapkan dapat membantu memperkenalkan budaya dan makanan khas khususnya dari Kota Surabaya.

Hal ini disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat ikut ‘Nguleg Bareng’ Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi dan Forkopimda Surabaya pada sebuah cobek raksasa.

“Kegiatan yang dipusatkan di kawasan jalan Kya-Kya Kota Surabaya ini sekaligus menyuguhkan pemandangan Kota Surabaya dari sisi yang berbeda. Sensasi mencicipi Rujak Uleg sambil menikmati kesyahduan suasana Kota Pahlawan. Sungguh heroik sekaligus  romantis,” katanya.

Selain itu festival tersebut melibatkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kuliner di Kota Pahlawan. Sebanyak 700 peserta mengikuti Festival Rujak Uleg 2022. “Tentunya saya berharap, ajang ini dapat menjadi kebangkitan perekonomian masyarakat Surabaya khususnya pelaku UMKM kuliner,” ujar Gubernur Khofifah.

Tak hanya Forpimda Kota Surabaya yang turut menyemarakkan kegiatan ini, beberapa tamu dari Konjen berbagai negara dan juga mahasiswa asing turut merasakan sensasi ‘Nguleg’ bareng pada gelaran Festival Rujak Uleg 2022.

Gubernur Khofifah berharap, Kota Surabaya yang menapaki usia ke-729, dapat menjadi semakin hebat dan tangguh ditengah tantangan perubahan jaman. “Selamat hari jadi ke-729 Kota Pahlawan. Surabaya, Wani..Wani..Wani..!,” tutupnya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan Festival Rujak Uleg ini, merupakan penanda kebangkitan Kota Surabaya, khususnya di bidang ekonomi kerakyatan. Rencananya, usai kegiatan Festival Rujak Uleg 2022, kawasan Pecinan Kya-Kya Surabaya akan kembali aktif untuk menjadi kawasan destinasi wisata khususnya kuliner.

“Kita hidupkan kembali Pecinan, Barongsai, kita punya banyak budaya dan banyak tempat wisata. Kita buktikan malam ini dengan kebersamaan yang kita lakukan bersama,” tutup Eri. (Q cox, tama dinie)

Reply