Gubernur Khofifah Janji Undang Pelaku UKM Papua di Pameran Dagang Jawa Timur

JAYAPURA (Suarapubliknews) – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa berjanji akan mengundang pelaku UKM di Jayapura, Papua dalam pameran dagang di Jawa Timur.  Janji tersebut sebagai respon atas usulan Kordinator Pasar Imbi yang khusus menjual Noken, Nelly Yeimo.

Saat bertemu Gubernur Khofifah, Nelly langsung menyampaikan usulan agar pelaku UKM Papua diundang jika ada pameran dagang di Jawa Timur beliau diundang. Ia pun langsung meng-iyakan permintaan tersebut dan mengatakan bahwa langkah tersebut sebagai bentuk dukungan Jawa Timur terhadap pengembangan pasar produk-produk asal Papua. Dengan begitu, pemasaran produk asal Papua bisa lebih luas lagi.

Menurutnya, UKM di Papua memiliki produk yang sangat beragam seperti berbagai aksesoris dan hiasan berbahan baku lokal, bahan makanan dan minuman, peralatan rumah tangga serta produk pertanian.

“Salah satu yang paling banyak dicari adalah noken. Kemarin, saya juga membeli noken untuk oleh-oleh, minuman sarang semut, dan balsem pala. Produk-produk ini cukup banyak diminati,” katanya.

Ia menjelaskan, potensi UKM Papua sangat besar. Hanya saja, memang butuh pendampingan dan bimbingan untuk pemasarannya. Karena itu, Ia akan turut mendorong pemasaran produk UKM Papua melalui pameran dagang. “InsyaAllah, Jawa Timur akan ikut bantu promosikan produk UKM Papua,” imbuh Gubernur Khofifah.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Gubernur Khofifah juga mengajak atlet dan official Jawa Timur untuk memborong produk lokal Papua. Hal tersebut juga sebagai bentuk dukungan untuk meningkatkan perekonomian Papua dan kesuksesan PON XX Tahun 2021. “Setelah PON usai, sebelum kembali ke Jawa Timur jangan lupa beli oleh-oleh dari Papua. Banyak produk kreatif lokal Papua yang bagus dan berkualitas,” pungkasnya. (q cox, tama dinie)

Reply