Gubernur Khofifah: Kami Bangga Mario, Selamat Atas Dua Poin Pertama

MANDALIKA – LOMBOK (Suarapubliknews) – Totalitas dukungan diberikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Mario Suryo Aji, satu-satunya Pebalap Indonesia yang lolos pada Moto GP tahun 2022 di kelas Moto3. Ia secara khusus datang dan turut menyaksikan race Mario Aji di Moto3 GP langsung dari Sirkuit Pertamina Grand Prix Mandalika, NTB, Minggu (20/3/).

Dalam race tersebut, Pebalap yang dijuluki ‘Super Mario’ bertanding dengan menempuh sebanyak 23 lap atau sekitar selama 60 menit. Usai menyelesaikan putaran sebanyak 23 lap, Pebalap asal Kabupaten Magetan Jawa Timur itu berhasil finish di posisi ke-14.

Hal ini merupakan suatu peningkatan prestasi dibandingkan series sebelumnya dimana Mario menempati posisi ke-19 di ajang Moto3 GP Qatar 2022. Bahkan capaian Mario ini merupakan raihan tertinggi pembalap Indonesia di ajang Moto3 GP setelah tahun lalu Andi Gilang Izdihar terbaik finis di posisi 15 sebanyak 4 kali dan total meraih 4 poin dalam satu musim.

Mendapati hasil tersebut, usai pertandingan Gubernur Khofifah pun langsung mengunjungi paddock untuk memberikan dukungan sekaligus semangat bagi Mario Aji. “Kami bangga dengan Mario. Suatu kebanggaan bagi Indonesia, khususnya warga Jawa Timur karena Mario merupakan satu-satunya rider yang mewakili Indonesia di ajang internasional bergengsi ini. Mario tampil dengan sangat baik dan saya bangga, penampilannya pun terus meningkat. Saya harap Mario tetap semangat untuk melanjutkan laga berikutnya,” pujinya.

Menurut tim pelatih Mario, performa Mario pada gelaran Moto3 GP di Sirkuit Mandalika kali ini merupakan sebuah kejutan dan prestasi. Kejutan pertama adalah pada kualifikasi (19/3) Mario mencatatkan sejarah baru bagi dunia balap Indonesia dengan berhasil maraih pole position di posisi ketiga.

Mario jadi pebalap Indonesia yang pertama kalinya berhasil start dari barisan terdepan Moto3 GP, dengan catatan waktu selama 1.41.585. Kejutan kedua adalah hari ini masuk finish posisi ke-14 yang berarti Mario mendapat dua poin.

“Tadi saya bertemu dengan tim pelatihnya Mario. Hasil Mario sejak kemarin dan hari ini adalah sebuah prestasi dan kejutan. Bisa masuk front row untuk kualifikasi 1 dan kualifikasi 2. Kemudian, hari ini dapat 2 poin karena di posisi ke-14. Andai kata di posisi ke-15 hanya mendapat 1 poin. Sesungguhnya, untuk seorang Mario yang baru masuk di Moto3 GP dengan usianya yang baru memasuki 18 tahun mendapatkan 2 poin, itu sudah masuk dalam kategori kejutan menurut tim pelatih Mario,” terang Gubernur Khofifah.

Lebih lanjut disampaikan, catatan prestasi Mario merupakan semangat baru bagi seluruh rider di Indonesia, utamanya juga bagi rider muda Indonesia. Kedepannya, Gubernur Khofifah berharap banyaknya dukungan dan doa dapat mengantarkan Mario mendapatkan prestasi terbaik serta menguatkan semangat rider Indonesia lainnya.

“Mario harus tetap semangat. Ini adalah sirkuit kedua dari 21 sirkuit yang akan dijalani di musim 2022. Mudah-mudahan dia sukses terus, kemudian masuk Moto2 dan akhirnya masuk Moto GP. Harus semangat, karena ini adalah sirkuit kedua dari dua puluh satu yang akan dia jalani,” katanya.

Selain Gubernur Khofifah, Mario juga mendapatkan dukungan semangat dari ibunya dan kakaknya, yang sengaja datang memberikan semangat langsung dari tribun penonton. Terlihat pula Bupati Magetan Suprawoto dan Walikota Madiun Maidi serta Bupati Madiun Ahmad Dawami. (q cox, tama dinie)

Reply