Jatim RayaPemerintahan

Gubernur Terpopuler di AHI 2022, Ini “Jurus” Khofifah Hadapi Era Disrupsi Teknologi Informasi

14
×

Gubernur Terpopuler di AHI 2022, Ini “Jurus” Khofifah Hadapi Era Disrupsi Teknologi Informasi

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dinobatkan menjadi Gubernur Terpopuler 2022 di Media Digital dalam ajang Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2022. Selain penghargaan tersebut, penghargaan juga diterima Pemprov Jatim sebagai Institusi Terpopuler di Media Digital 2022.

Kedua penghargaan tersebut diserahkan langsung CEO CPROCOM Emillia Bassar didampingi founder dan CEO Humas Indonesia Asmono Wikan kepada Gubernur Khofifah yang diwakili Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov. Jatim Moh Ali Kuncoro di Hotel Atria Kota Malang, baru-baru ini.

Atas penghargaan tersebut, Gubernur Khofifah menyampaikan terimakasih atas apresiasi yang diberikan Humas Indonesia terhadap kinerja seluruh jajaran OPD di lingkungan Pemprov Jatim. Karenanya, penghargaan ini didedikasikannya bagi seluruh OPD di Pemprov Jatim yang tak kenal waktu memberikan pelayanan masyarakat menggunakan teknologi digital maupun saluran media digital lainnya.

“Penghargaan ini saya dedikasikan kepada seluruh OPD di Pemprov Jatim yang terus berupaya mempercepat layanan informasi dan keterbukaan publik yang muaranya memberikan sebuah kebijakan yang inklusif kepada masyarakat,” ungkapnya di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senen (7/11).

Menurutnya, penggunaan media digital pada era keterbukaan informasi publik saat ini telah berkembang secara cepat dan dinamis. Institusi pemerintah maupun swasta dituntut bisa cepat menyampaikan dan menyebarluaskan seluruh informasi maupun kebijakan melalui banyak saluran informasi termasuk media digital di dalamnya.

Untuk itu, penyampaian informasi yang cepat dan tepat akan memberikan peningkatan pada kepercayaan publik. Di sisi lain, informasi juga akan menjadi referensi penting bagi seluruh unit kerja Pemprov Jatim untuk berlari lebih kencang memberikan pelayanan publik terbaik bagi masyarakat Jatim.

“Pemprov Jatim terus berkomitmen memenuhi dan melayani kebutuhan masyarakat melalui saluran media sosial maupun media digital. Interaksi yang berlangsung secara dua arah tersebut memberikan kemudahan dalam menemukan solusi berbagai keinginan masyarakat,” imbuhnya.

Gubernur Khofifah mengatakan bahwa praktisi kehumasan perlu beradaptasi dengan cepat dan bersemangat untuk terus berinovasi dalam menghadapi era disrupsi teknologi dan informasi. Saat ini, lewat berbagai aplikasi berbasis internet hadir jutaan informasi dalam satu menit. Saat ini, dengan perangkat canggih tersebut, siapapun dapat memproduksi informasi, melakukan edit atau mereproduksi, serta menyebarkan informasi.

Sementara itu, founder dan CEO Humas Indonesia Asmono Wikan mengatakan, bahwa Awarding Anugerah Humas Indonesia 2022 merupakan ajang kompetisi dan apresiasi, sekaligus sebagai barometer kinerja keterbukaan informasi bagi badan publik seluruh Indonesia.

Dengan mengusung tema “Inovasi Keterbukaan Informasi Publik untuk Indonesia Maju”, Asmono berharap ajang kompetisi AHI 2022 dapat menggugah badan publik lain untuk turut serta memperhatikan aspek keterbukaan informasi. Selain itu, juga untuk mendorong agar badan publik tidak semata-mata menggugurkan kewajiban memenuhi UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Senada, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Moh. Ali Kuncoro mengatakan, bahwa Gubernur Khofifah layak mendapatkan penghargaan sebagai pemimpin terpopuler di Media Digital tahun 2022 karena aktif menyampaikan seluruh kegiatan, kebijakan maupun interaksi dengan masyarakat yang dikemas secara baik melalui laman media sosial.

Menurutnya, kinerja Gubernur Khofifah dalam melayani masyarakat Jatim tidak perlu diragukan kiprahnya. Tenaga, waktu dan pikiran dicurahkan penuh untuk menyejahterakan masyarakat Jatim melalui kebijakan kepada masyarakat kecil maupun yang sedang tertimpa musibah.

AHI 2022 ini sendiri, merupakan ajang yang telah keempat kalinya digelar oleh Humas Indonesia. Dalam ajang tersebut, penghargaan diberikan kepada kementerian, lembaga, pemerintah daerah, Perguruan Tinggi Negeri (PTN), BUMN, anak usaha BUMN, dan BUMN se-Indonesia melalui  penilaian kinerja komunikasi dan keterbukaan informasi lembaga publik di berbagai tingkatan.

Sebagai informasi, penganugeraan AHI 2022, telah menobatkan pemimpin dan institusi terbaik dalam mengimplementasikan amanat UU. No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).  Adapun lima kategori penilaian dari kompetisi AHI 2022 ini yaitu meliputi pelayanan informasi publik, PPID terbaik, media internal, kanal digital, dan program kehumasan pemerintah (government public relations/GPR) terbaik. (Q cox, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *