Hadir di Batfest 2022, Gubernur Paman Birin: Berdampak ekonomi masyarakat

BATULICIN (Suarapubliknews) – Gelaran Batfes 2022 diharapakan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat lokal. Selain itu, kegiatan ini sekaligus dalam rangka menyambut tahun baru 2023 yang diharapkan memberi manfaat bagi masyarakat Kalimantan Selatan dan terkhusus Kabupaten Tanah Bumbu.

“Kita berharap semua Kabupaten kota yang ikut andil dalam kegiatan ini memberi manfaat bagi masyarakat kita, tentunya ini mendukung program UMKM menuju peningkatan ekonomi masyarakat.”kata Paman Birin usai membuka Batfest 2022 ,Selasa (27/12/2022).di Pantai Jhonlin Kecamatan Simpang Empat.

Sementara itu, Suci, pemilik tenda Warung Taci, mengaku beromset Rp5,2 juta dari makanannya yang menyajikan masakah khas Makassar, mulai dari konro, coto Makassar, atau sup.

“Berjualan mulai lepas dhuhur sampai pukul sebelas malam, saya total dapat uang Rp5,2 juta,” kata Suci.

Amel yang berjualan Rocket Chicken menangguk omset Rp2,5 juta, Heru yang menjaga sosis bakar dan frozen food meraup Rp2 juta.

RM Padang Bumbu Minang yang berjualan di salah satu tenda UMKM mengaku beromset Rp7,5 juta, sementara tenda Bawi Lamus yang menjajakan baju dan asesoris dayak beromset Rp1,5 juta.

Sementara di area Coffe Fiesta, para UMKM kopi juga mengaku meraup berkah. Kopikir! misalnya, yang membuka dua tenda di area Batfest 2022, salah satu tendanya beromset Rp8,2 juta.

“Omset kami kemarin Alhamdulillah mencapai Rp8,2 juta,” kata Rifki, barista Kopikir!.

Jika dirata-rata, maka omset para UMKM sekitar Rp4,5 juta, atau total omset 300 UMKM mencapai Rp1,35 miliar.

Apabila dijumlah, omset kotor PKL Rp160 juta dan omset kotor UMKM Rp1,35 miliar, maka pada hari pertama pagelaran Batfest 2022 uang berputar mencapai Rp1.510.000.000.

Begitulah, sebagaimana harapan Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, maka perhelatan Batfest 2022 bisa diharapkan ikut mendorong geliat ekonomi Batulicin dan Kalsel. (q cox, Imran )

Reply