Jatim RayaPemerintahanPeristiwa

Hadiri JFC 2023, Wagub Emil: Ini Bukan Sekedar Kostum, Tapi Mimpi Memajukan Bangsa

30
×

Hadiri JFC 2023, Wagub Emil: Ini Bukan Sekedar Kostum, Tapi Mimpi Memajukan Bangsa

Sebarkan artikel ini

KAB. JEMBER (Suarapubliknews) ~ Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menghadiri secara langsung Jember Fashion Carnaval (JFC) 2023, Sabtu (5/8). Bertemakan “Timelapse: Journey of the Earth”, parade karnaval itu terentang sepanjang 3,6 km. Pagelaran tersebut juga diikuti oleh talent serta selebritas dari lokal, nasional, maupun mancanegara.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Emil mengatakan bahwa JFC bukan hanya kebanggaan Jember dan Jawa Timur, namun juga Indonesia. Sehingga, maknanya tak terbatas dari busana dan kreativitas yang ditampilkan.

“Di sini kita bisa lihat sebuah kabupaten yang terletak jauh dari bandara maupun ibu kota mampu menggelar acara bertaraf internasional. Maka JFC ini lebih dari sekedar kostum yang dikenakan, tapi juga mimpi untuk memajukan negara,” katanya.

Dalam JFC kali ini, terdapat pula peserta dari kurang lebih 8 negara yang merupakan perwakilan dari 5 benua. Hal tersebut, menurut Wagub Emil, menunjukkan keberhasilan JFC bahkan di zona luar Jember.

“Saya tadi bersapa dengan pengunjung, ada dari Bogor, Bandung, dan Batam. Bahkan ada talent yang dari Jepang. Ini berarti impact JFC sudah sangat luar biasa, maka teruslah semangat menyukseskan JFC,” lanjutnya.

Lebih dari itu, Wagub Emil mengungkapkan JFC ini merupakan salah satu dari dua event unggulan di Jawa Timur. Di mana, JFC masuk dalam Top 10 Karisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf pada 2023 ini.

Sementara itu, Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan bahwa JFC merupakan salah satu event yang mempunyai dampak ekonomi, sosial budaya, serta lingkungan. “JFC ini telah mampu meningkatkan industri kreatif dan pariwisata di Jember, bahkan di Indonesia. Harapan saya ini dapat menjadi inspirasi sekaligus kebanggaan bersama, tapi tidak meninggalkan kearifan lokal. Karena JFC bukan hanya milik Jember tapi juga milik masyarakat Indonesia,” katanya.

Tak hanya itu, terdapat pemberian Rekor MURI kepada JFC untuk dua kategori. Yakni jumlah UMKM partisipan terbanyak yang mencapai angka 2.548, serta lampu sorot terbanyak dengan jumlah 268 buah.

Ikut hadir dalam acara tersebut Ketua DPD RI AA Lanyalla Mahmud Mattalitti, beberapa Bupati/Walikota dari Jawa Timur maupun luar Pulau Jawa, dan segenap Kepala OPD dari berbagai daerah. Sementara itu, berbagai talent menyemarakkan acara mulai dari artis ibu kota seperti Yuki Kato dan Prilly Latuconsina hingga kelompok dancer profesional asal Jepang Kadokawa Dreams.

Dalam pagelaran yang menampilkan kostum dan mahakarya anak bangsa yang menunjukkan peradaban dan sejarah dunia tersebut, Ketua TP PKK Prov. Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak turut berpartisipasi dalam runway. (q cok, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *