Jatim RayaPeristiwaPolitik

Hadiri Sedekah Bumi, Ketua DPRD Surabaya: Menguatkan Gotong Royong dan Keguyuban Warga

46
×

Hadiri Sedekah Bumi, Ketua DPRD Surabaya: Menguatkan Gotong Royong dan Keguyuban Warga

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono menghadiri kegiatan Sedekah Bumi. Kali ini di eks-pedukuhan Sumberan, kampung RW 04 Kelurahan Balas Klumprik, Kecamatan Wiyung.

Kegiatan adat istiadat itu digelar kemarin malam, dengan menampilan kesenian tradisional reog dan jaranan atau kuda lumping. Warga yang menonton penuh berjubel.

Ada juga pasar malam yang dipenuhi lapak-lapak pelaku UMKM dan pedagang kaki lima berjajar di pinggir jalan. Terlihat panitia dan pengurus kampung sibuk mengatur warga.

Terlihat hadir anggota Komisi D DPRD Kota Surabaya, Siti Maryam. Kemudian Ketua RW 04 Sumberan, Balas Klumprik, Suharjo. Malam itu warga masyarakat terlihat menikmati tontonan kesenian tradisional yang disajikan panitia.

Adi Sutarwijono hadir di acara itu didampingi Ketua PAC PDI Perjuangan Kec. Wiyung, Moch. Kinaryo. Serta kader-kader PDI Perjuangan Ranting Balas Klumprik dan Kecamatan Wiyung.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono memberikan apresiasi dan sangat mendukung pelestarian adat istirahat Sedekah Bumi.

“Dalam Sedekah Bumi ini juga diberikan ruang kesempatan bagi pelaku kesenian tradisional untuk tampil. Pelaku-pelaku UMKM juga terangkat, sehingga mendukung upaya-upaya pemulihan ekonomi di Kota Surabaya, setelah 2 tahun dilanda pandemi Covid-19,” kata Adi, yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya.

Ia mengatakan, Sedekah Bumi adalah kegiatan yang diwariskan pendiri desa, yang sudah lama berakar di Kota Surabaya.

“Melalui Sedekah Bumi, warga masyarakat memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan YME atas semua keberkahan, rejeki, keselamatan dan ketentraman. Kegiatan ini menguatkan gotong royong dan keguyuban warga masyarakat,” kata Adi.

Ia mendukung upaya-upaya pelestarian tradisi adat istiadat Sedekah Bumi, dan merawat seni budaya, yang diwariskan oleh para generasi pendahulu.

“Kita harus jaga, agar adat istiadaat dan seni budaya tetap hidup di tengah kemajuan Kota Surabaya,” katanya.

Foto: Ketua DPRD Kota Surabaya, Adi Sutarwijono, menghadiri Sedekah Bumi di eks-pedukuhan Sumberan, RW 4 Kelurahan Balas Klumprik, Kec. Wiyung. Minggu (25/09/2022) malam.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *