NasionalPemerintahan

Hujan Deras 2 Hari, Dua Desa di Tanah Bumbu Terendam Banjir

18
×

Hujan Deras 2 Hari, Dua Desa di Tanah Bumbu Terendam Banjir

Sebarkan artikel ini

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Dalam 2 hari ini intensitas hujan kian tinggi hingga mengakibatkan banjir di sebagian wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

Dengan kondisi demikian , pihak PUPR Kabupaten Tanah Bumbu bergerak cepat guna meninjau langsung dua desa yang terdampak banjir akibat tingginya curah hujan di wilayah tersebut.

Peninjau ini dilakukan guna melihat langsung penyebab terjadinya banjir diwilayah desa bersujud dan desa persiapan Hidayah makmur kecamatan simpang empat yang teremdam air setinggi 30 hingga 50 cm baik badan jalan maupun rumah warga.

Plt. Kepala Dinas PUPR Subhan,ST mengatakan. Langkah strategis yang akan diambil guna antisipasi kedepan yakni pihaknya akan melakukan normalisasi semua saluran drainase dan kolam retensi yang ada agar apabila datang curah hujan yang tinggi tidak mengakibatkan banjir seperti saat ini.

”Kita akan normalisasi semua pada anggaran tahun 2020 dan kita perbesar kolam retensi sehingga penampungan air dapat menampung debet air hujan dan selanjut nya akan diarahkan menuju sungai hingga sampai kemuara laut”, Kata Subhan, Plt Kadis PUPR Tanbu.

Sementara itu Kepala desa Bersujud Taupik Rahman mengatakan, banjir akibat cuirah hujan yang tinggi selama dua hari ini, hingga mengakibatkan 5 RT di desanya terendam banjir, diantaranya RT 1,2,7,8, dan yang terparah berada di RT 14.

” Saya berharap dengan turunnya Plt. kepala dinas PUPR bersama jajarannya agar dapat melihat langsung apa saja penyebab terjadinya banjir didesa kami, dan tentunya ada solusi terkait penangan banjir tersebut,” Kata Taupik Rahman.

Turut mendampingi peninjauan lokasi banjir tersebut yakni Camat Simpang Empat, Kepala desa Bersujud dan aparat desa persiapan Hidayah Makmur Kecamatan Simpang Empat. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *